Kesimpulan Berbagai Jurnal Internasional Model Pembelajaran STAD



Designing A Learning Model Using The STAD Technique With A Suggestion System To Decrease Learners' Weakness

Pada saat ini, sebagian besar lingkungan belajar hanya fokus pada transmisi pengetahuan, bukan membangun pengetahuan, sehingga diperlukan suatu model yang bisa membangun interaksi peserta didik dan membangun pengetahuannya. Salah satunya adalah model pembelajaran menggunakan teknik STAD dengan sistem saran. Model ini didasarkan pada beberapa teori belajar dan teknologi multimedia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mensistesis model pembelajaran teknik STAD dengan sistem saran yang sesuai dengan peserta didik untuk mengurangi kelemahan peserta didik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa model ini sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran dan teori-teori dan secara keseluruhan para ahli setuju bahwa kegunaan model ini berada pada tingkat tinggi, yaitu di 70,27%.

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Prestasi Belajar IPS Ditinjau Dari Konsep Diri Akademik Siswa Kelas VIII SMPN 3 Sukawati

IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang penting di sekolah. Rendahnya prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 3 Sukawati disebabkan oleh berbagai faktor menuntut guru untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar IPS. Salah satunya dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Slavin  (2008)  berpendapat  bahwa belajar melalui kooperatif dapat dijelaskan dari  beberapa  perspektif,  yaitu  perspektif motivasi,  perspektif  sosial,  perspektif perkembangan  kognitif,  dan  perspektif elaborasi  kognitif. Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk mengetahui pengaruh  model pembelajaran kooperatif tipe  STAD  terhadap  prestasi  belajar  IPS  ditinjau  dari  konsep  diri  akademik  siswa kelas  VIII  SMPN  3  Sukawati. Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh  model  pembelajaran  kooperatif  tipe  STAD  terhadap  prestasi belajar IPS ditinjau dari konsep diri akademik siswa kelas VIII SMPN 3 Sukawati.

Effects of Student Teams Achievement Division (STAD) on Academic Achievement, and Attitudes of Grade 9th Secondary School Students Towards Mathematics

Salah satu tujuan utama guru adalah mencapai tujuan instruksional untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Banyak hasil penelitian yang menggunakan berbagai model pembelajaran yang berbeda-beda untuk mencapai tujuan itu. Salah satunya pembelajaran kooperatif. Menurut Slavin, pembelajaran kooperatif adalah “metode instruksional, dimana guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil, yang kemudian bekerja sama untuk membantu satu sama lain untuk belajar. Tujuan  dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadapa prestasi akademik dan sikap siswa. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kookperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan prestasi akademik siswa yang berpartisipasi dalam kelompok dan merangsang sikap positif siswa  terhadap matematika di tingkat sekolah menengah di Vietnam.

The Effect of Type STAD Cooperative Learning Model, the Way of Learning, And Learning Motivation toward Enterpreneurial Attitudes (A case Study in SMK N I Jombang)

Kualitas kehidupan suatu bangsa ditentukan oleh faktor pendidikan. Oleh  sebab itu perlu dilakukan reformasi pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pada akhirnya dapat meningkatkan martabat manusia. Salah satunya adalah melalui inovasi-inovasi strategi pembelajaran seperti pembelajaran kooperatif. Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahawa pembelajaan kooperatif menghasilkan prestasi akademik yang lebih tinggi, memiliki hubungan social yang lebih baik, meningkatkan kepercayaan diri, dan mampu mengembangkan rasa saling percaya satu sama lain, baik secara individu maupun kelompok. Slavin (1990) menemukan bahwa 86% dari siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki prestasi yang tinggi dibandingkan model yang lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD, cara belajar, dan motivasi belajar terhadap perilaku kewirausahaan mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD, cara belajar, dan motivasi belajar terhadap perilaku kewirausahaan mahasiswa di SMKN 1 Jombang.
Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan NHT Pada Pembelajaran Matematika Siswa SMA Kelas X Semester 1 di Kabupaten Wonogiri Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa TP. 2010-2011

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa. Terlihat pada hasil UN tahun 2009-2010¸ nilai rata-rata matematika lebih rendah dibandingkan mata pelajaran lain. Hal ini menuntut guru untuk menciptakan suasana yang kondusif dan sesuai dengan mata pelajaran matematika yang bersifat aksiomatik. Salah satunya adalah dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Robert E. Slavin mengemukakan bahwa STAD merupakan salah satu metode pembelajaran kooperatif paling sederhana, dan merupakan model yang paling baik untuk permulaan bagi para guru yang baru menggunakan pendekatan kooperatif. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) apakah model pembelajaran tipe STAD dapat menghasilkan hasil belajar matematika yang lebih baik dari model NHT, (2) apakah hasil belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan awal yang lebih tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki kemampuan awal lebih rendah, (3) manakah diantara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan NHT yang memberikan hasil  belajar yang lebih baik ditinjau dari tingkat kemampuan awal. Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) model pembelajaran tipe STAD lebih baik daripada NHT, (2) hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan awal yang tinggi lebih baik daripada siswa yang mempunyai kemampuan awal sedang dan rendah, (3) untuk setiap kategori kemampuan awal, model pembelajaran tipe STAD memberikan hasil yang lebih baik daripada tipe NHT.
Enhancing Primary School Students’ Social Skills Using Cooperative Learning in Mathematics

Undang-undang pendidikan di Thailand bagian keenam menyatakan bahwa pendidikan nasional  bertujuan untuk mengembangkan rakyat Thailand menjadi warga negara yang baik dengan kesiapan pikiran dan tubuh, pengetahuan, kecerdasan, moral, dan budaya. Dalam hal ini dituntut peran guru untuk mencapai tujuan tersebut melalui berbagai metode pengajaran dan kegiatan pembangunan. Salah satu model yang sesuai adalah STAD. Melalui model kooperatif tipe STAD diharapkan dapat menanamkan siswa dengan keterampilan sosial dan kompetensi tim kerja sehingga dapat berinteraksi dan mencapai prestasi akademik yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan keterampilan sosial melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dan meningkatkan prestasi akademik siswa. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa melalui model ini dapat mengembangkan keterampilan sosial siswa serta meningkatkan prestasi akademik siswa.
Applying Slavin’s Cooperative Learning Techniques To A College EFL Conversation Class

Di Perguruan Tinggi, kelas bahasa Inggris kerap berpusat pada guru sehingga sulit untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut pembelajaran kooperatif dipandang sebagai model pembelajaran yang dapat meningkatkan dan memfasilitasi interaksi siswa. Untuk mengajar kelas conversation, teknik STAD dianggap paling cocok digunakan. Dalam teknik STAD, siswa bekerja dalam tim yang heterogen untuk belajar bersama-sama, setiap siswa berkontribusi dalam tim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar dalam mendengarkan dan berbicara, hubungan interpersonal, serta kerja kolaboratif siswa melalui model pembelajaran kooperatif teknik STAD. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi siswa dalam mendengarkan dan berbicara, hubungan interpersonal, serta kolaboratif siswa.
Effect Of Student’s Team Achievement Division (STAD) On  Academic Achievement Of Students

Kimia menempati posisi sentral diantara mata pelajaran sains. Salah satu penyebab terbesar kecemasan siswa terhadap mata pelajaran kimia adalah metode pengajaran yang buruk (Jegede, 2007). STAD menurut Rai (2007) adalah salah satu dari banyak strategi dalam pembelajaran kooperatif yang membantu meningkatkan kerja sama dan keterampilan belajar. Temuan Balfakih (2003) telah menunjukkan  bahwa dalam mengajar kimia kelas 10 STAD adalah metode pengajaran yang lebih efektif daripada metode ceramah. Tujuan penelitian ini adalah meneliti efek pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode ceramah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kedua kelas eksperimen dan kontrol, kelas eksperimen dengan metode kooperatif tipe STAD lebih baik daripada kelas control yang diajar dengan metode ceramah.

Learning Probability In The Arts Stream Classes: Do Colour Balls With STAD Cooperative Learning Help In Improving Students’ Performance?

Teori peluang merupakan bagian dari pelajaran matematika yang penting untuk dipelajari. Namun masih terdapat masalah untuk mempelajari dan mengajarkan teori peluang. Banyaknya konsep-konsep yang bersifat abstrak dalam teori peluang, dibutuhkan metode pembelajaran yang efektif untuk membantu membangun pemahaman siswa dari yang bersifat abstrak ke konkret. Pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan metode yang dapat memotivasi dan mendorong siswa untuk saling membantu dan menguasai keterampilan yang disampaikan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari alat bantu belajar bola berwarna dengan metode STAD dalam meningkatkan kemampuan siswa di pembelajaran teori peluang dan untuk mengetahui persepsi siswa tehadap penggunaan metode CBCL di pembelajaran teori peluang. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa alat bantu belajar bola berwarna ketika digabungkan dengan STAD merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa di pembelajaran teori peluang.

The Effects Of The STAD-Cooperative Learning Method On Student Achievement, Attitude And Motivation In Economics Education

Sebagai salah satu teknik pembelajaran kooperatif, STAD mampu meningkatkan motivasi dan prestasi akademik siswa dan dapat diterapkan dengan sukses di kelas eksperimen (Slavin). Penelitian ini dimaksudkan untuk mendiskusikan konsep dari STAD sebagai pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif tipe STAD memfokuskan penelitian pada prestasi akademik, sikap, interaksi sosial, dan hubungan antarpribadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pengaruh metode STAD terhadap prestasi belajar siswa, sikap, dan motivasi dalam belajar ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode STAD dibandingkan ceramah menunjukkan sikap positif, prestasi yang lebih baik, dan siswa termotivasi untuk belajar ekonomi.

The Effect Of STAD and Learning Motivation Towoard The Students Reading Competence Of The Eight Year Student Of SMP N 3 Ubud In The Academic 2012/2013
Bahasa merupakan bagian penting bagi manusia untuk berkomunikasi. Selanjutnya, untuk berkomunikasi dengan baik dibutuhkan minat membaca sebagai keterampilan dasar. Di SMPN 3 Ubud, pembelajaran bahasa Inggris masih bersifat teacher approach. Siswa hanya disuruh membaca paragraf, sehingga siswa hanya pasif. Salah satu metode yang bisa meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD. Menurut Slavin STAD adalah cara yang lebih baik dan lebih mudah untuk guru mengajar siswa dalam kelompok karena siswa bisa lebih aktif, berbagi pengetahuan satu sama lain dan memecahkan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi pengaruh pelaksanaan metode STAD dan motivasi terhadap kemampuan membaca siswa. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat efek yang berbeda signifikan antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode STAD dan konvensional, (2) terdapat pengaruh motivasi beajar terhadap kemampuan membaca siswa, (3) terdapat efek interaksional yang sigifikan antara pelaksanaan STAD dan motivasi belajar terhadap kemampuan membaca siswa, (4) terdapat efek yang berbeda sigifikan antara siswa yang memiliki motivasi tinggi diajarakan dengan metode STAD dan metode konvensional, dan (5) terdapat efek yang berbeda signifikan antara siswa yang memiliki motivasi rendah yang diajarkan dengan metode STAD dan konvensional.



The Effect of Cooperative Learning Techniques On Promoting Writing Skill Of Iranian EFL Learners

Kemampuan menulis merupakan masalah utama yang dialami siswa bahasa Inggris. Salah satu penyebabnya adalah karena kurangnya kepercayaan diri mereka dalam menulis. Untuk itu dibutuhkan metode yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis. Salah satunya pembelajaran kooperatif tipe STAD. Menurut Ghaith dan Yaghi (1998) STAD secara konsisten telah terbukti menjadi salah satu teknik pembelajaran kooperatif yang sederhana dan efektif dalam meningkatkan kemapuan menulis siswa dalam berbagai mata pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menyelidiki pengaruh pembelajaran kooperatif dalam kemampuan menulis siswa. Hasil dari penelitian adalah kelompok eksperimen (STAD dan GI) memiliki kemampuan menulis yang lebih baik dibandingkan kelas kontrol (CI) dan berdasarkan pembelajaran kooperatif kemampuan menulis siswa meningkat.
The Impact Of STAD Strategy On FL Reading  Achievement Of Low-, Average-, And High-achieving Students In Al Balqa Applied University

Mambaca pemahaman menuntut pembaca untuk terlibat aktif dalam memahami teks yang tertulis. Untuk itu, guru harus memahami pendekatan utama untuk pengajaran membaca. Strategi pembelajaran kooperatif adalah salah satu strategi yang efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa. Menurut Rai (2007) STAD adalah salah satu dari banyak strategi dari pembelajaran kooperatif yang membantu meningkatkan kerja sama dan keterampilan belajar mengatur diri sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh STAD terhadap kemampuan membaca pemahaman mahasiswa bahasa Inggris universitas Al-Balqa  (kemampuan rendah, rata-rata dan tinggi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode STAD memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman membaca mahasiswa dengan kemampuan tinggi sampai rata-rata, sementara tidak berpengaruh terhadap kemampuan mahasiswa yang rendah.
High School Learners’ Perceptions Of Their STAD Cooperative Learning Experience In Studying Conditional Sentences: Do Gender And Past Achievement Matter?

Dalam penguasaan bahasa asing peserta didik dibutuhkan pembelajaran tata bahasa dan kosakata yang baik. Peserta didik harus mengetahui dan mampu menyesuaikan kosakata yang baik dan benar dalam tata bahasa sesuai dengan fungsinya. Untuk itu diperlukan metode kolaboratif yaitu pembelajaran kooperatif tipe STAD. STAD merupakan metode popular yang diterapkan dalam pengajaran tata bahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa mengenai pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pelajaran Conditional Sentences berdasarkan jenis kelamin dan kemampuan awal. Adapun hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tidak hanya memfasilitasi perkembangan afektif dan kognitif siswa, tetapi metode ini juga dianggap menyenangkan dan bermanfaat untuk pengalaman belajar siswa. Persepsi siswa laki-laki dan perempuan tidak berbeda signifikan, namun siswa laki-laki lebih cenderung memiliki persepsi yang positif terhadap pembelajaran kooperatif. Demikian pula dengan siswa laki-laki yang memiliki kemampuan awal rendah menyatakan kepuasan yang lebih besar dengan  kontribusi dan peran mereka dalam kelompok.

Literature Review of the Cooperative Learning Strategy
– Student Team Achievement Division (STAD)

Tujuan dari literatur ini adalah mencakup pengembangan dan membahas secara mendalam tentang pembelajaran kooperatif tipe STAD. Telah banyak dilakukan penelitian mengenai STAD, mulai dari kemunculannya, perdebatan hingga efektivitas penggunaanya. STAD lahir berdasarkan pemenuhan
pembelajaran pedagogi (Felder & Bren, 2001; Ghaith, 2001). Hasil dari tinjauan literatur ini berdasarkan persepsi guru dan siswa mengenai efektivitas penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD di sekolah menengah Hongkong, efektifitas STAD ini belum terbukti.

Cooperative Learning STAD-Pjbl: Motivation, Thinking Skills,  And Learning Outcomes Of Biology Department Students

Sumber dan media belajar merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus diambil mahasiswa kependidikan di UMM. Setelah mengambil mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip sumber dan media pembelajaran serta merancang, mengembangkan, dan memodifikasi berbagai media untuk mengajar. Namun, kenyataannya mahasiswa masih memiliki motivasi yang rendah dan tidak tertantang untuk belajar. Untuk itu diperlukan metode yang sesuai seperti Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) yang diintegrasikan dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD. STAD menekankan berbagai karakteristik pembelajaran langsung dimana mahasiswa dalam kelompok kecil belajar dan berbagi informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar, meningkatkan keterampilan berfikir, dan prestasi akselerasi siswa. Hasil dari penelitian adalah  integrasi PjBL-STAD meningkatkan motivasi belajar, meningkatkan kemampuan berfikir, dan prestasi akselerasi mahasiswa.
The Effect of Student Team-Achievement Division (STAD) on Language Achievement of Iranian EFL Students across Gender

Manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan interaksi dan kerja sama dengan manusia lainnya baik dalam kehidupan maupun pendidikan. Tujuan pendidikan adalah untuk meningkatkan prestasi dan pengetahuan sebagai bekal untuk menghadapi era globalisasi. Untuk mencapai tujuan tersebut, peran guru dalam memilih metode yang tepat sangat penting. Maka diperlukan metode yang sesuai dengan karakteristik siswa, salah satunya pembelajaran kooperatif tipe STAD yang sesuai dengan karakteristik siswa yang heterogen. Menurut Slavin (1994), dalam STAD siswa dibagi kedalam kelompok belajar yang dicampur dalam tingkat kerja, jenis kelamin, dan etnis. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh STAD terhadap kemampuan bahasa siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa STAD lebih efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa siswa dan tidak ada perbedaan gender dalam kemapuan bahasa siswa setelah diajarkan dengan metode STAD.
The Influence Of Learning Method Of Student Teams-Achievement Divisions (STAD), Inquiry Based Learning (Ibl), And Expository (Conventional), And Reading Interests Toward Writing Competence

Menulis merupakan suatu kemampuan yang harus diiringi dengan penguasaan kosakata yang banyak. Dalam memperbanyak dan memperkaya kosakata yang dimiliki harus diupayakan dengan minat baca yang tinggi. Sehingga dengan banyak membaca maka akan menghasilkan tulisan yang bagus. Dalam pembelajaran menulis guru dituntut untuk merancang dan mengimplementasikan metode yang sesuai. Pembelajaran kooperatif dipandang mampu untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Pembelajaran kooperatif mampu mengembangkan hubungan dalam kelompok dan interaksi serta penerimaan dengan teman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui perbedaan kemampuan menulis siswa yang belajar dengan metode STAD, IBL, dan ekspositori, (2) mengetahui perbedaan kemampuan menulis siswa yang memiliki minat baca yang tinggi dan rendah, (3) mengetahui interaksi metode pembelajaran dan minat baca dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan antara kemampuan menulis yang belajar dengan metode STAD, IBL, dan ekspositori. Kemampuan menulis siswa yang belajar dengan metode STAD lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan metode IBL dan siswa yang belajar dengan metode IBLlebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan metode ekspositori. (2) ada perbedaan kemampuan menulis siswa yang memiliki minat membaca yang tinggi dan rendah, (3) tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dan minat membaca dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa.




The Contribution Of Students Team Achievement Division (STAD) And Motivation Towards Writing Comparison And Contrast Text Of The First Semester Management Students At University Muhammadiyah Of Metro

Memiliki kemampuan menulis dalam bahasa Inggris merupakan hal yang penting, tidak hanya sekedar kemampuan berbicara saja. Namun, di Universitas Muhammadiyah Metro, ditemukan bahwa mahasiswa tidak menyukai tugas menulis terutama dalam bahasa Inggris. Untuk itu, STAD sebagai pembelajaran kooperatif dianggap bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Dawis (1999:7) menyatakan bahwa pembelajaran kooperatif membantu siswa mempelajari informasi dan konsep untuk dipersiapkan dalam diskusi dan tes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh STAD sebagai faktor penting dalam meningkatkan motivasi siswa. Hasil temuan penelitian ini adalah terjadi kemajuan dari setiap kelas (eksperimen dan kontrol) dan terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol dimana metode STAD memberikan kontribusi dalam meningkatkan motivasi dan kemampuan menulis siswa.
The Effect of Cooperative Learning Strategy of Student Teams
Achievement Divisions (STAD) on Developing Oral Communication Skills
of Iranian EFL Learners

Dewasa ini, pendekatan pembelajaran kooperatif menjadi laris dan diterapkan untuk hampir semua mata pelajaran di sekolah bahkan di perguruan tinggi. Pembelajaran kooperatif dipandang paling efektif dan mampu meningkatkan interaksi dan komunikasi siswa. Siswa belajar untuk saling bertukar informasi dan saling menghargai. Salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang mampu meningkatkan prestasi siswa adalah STAD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam membangun komunikasi lisan mahasiswa bahasa di Institut Bahasa Iran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode STAD efektif dalam mengembangkan keterampilan komunikasi lisan mahasisiswa.

Posting Komentar untuk "Kesimpulan Berbagai Jurnal Internasional Model Pembelajaran STAD"