Designing A
Learning Model Using The STAD Technique With A Suggestion System To Decrease
Learners' Weakness
Pada saat ini, sebagian
besar lingkungan belajar hanya fokus pada transmisi pengetahuan, bukan membangun
pengetahuan, sehingga diperlukan suatu model yang bisa membangun interaksi
peserta didik dan membangun pengetahuannya. Salah satunya adalah model
pembelajaran menggunakan teknik STAD dengan sistem saran. Model ini didasarkan
pada beberapa teori belajar dan teknologi multimedia. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mensistesis model pembelajaran teknik STAD dengan sistem saran
yang sesuai dengan peserta didik untuk mengurangi kelemahan peserta didik.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa model ini sesuai dengan prinsip-prinsip
pembelajaran dan teori-teori dan secara keseluruhan para ahli setuju bahwa
kegunaan model ini berada pada tingkat tinggi, yaitu di 70,27%.
Pengaruh Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Prestasi Belajar IPS Ditinjau Dari
Konsep Diri Akademik Siswa Kelas VIII SMPN 3 Sukawati
IPS merupakan salah
satu mata pelajaran yang penting di sekolah. Rendahnya prestasi belajar IPS
siswa kelas VIII SMPN 3 Sukawati disebabkan oleh berbagai faktor menuntut guru
untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif sehingga dapat meningkatkan
prestasi belajar IPS. Salah satunya dengan penggunaan model pembelajaran
kooperatif tipe Student Teams Achievement
Division (STAD). Slavin (2008) berpendapat
bahwa belajar melalui kooperatif dapat dijelaskan dari beberapa
perspektif, yaitu perspektif motivasi, perspektif
sosial, perspektif
perkembangan kognitif, dan
perspektif elaborasi kognitif.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe STAD terhadap
prestasi belajar IPS
ditinjau dari konsep
diri akademik siswa kelas
VIII SMPN 3
Sukawati. Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe
STAD terhadap prestasi belajar IPS ditinjau dari konsep
diri akademik siswa kelas VIII SMPN 3 Sukawati.
Effects
of Student Teams Achievement Division (STAD) on Academic Achievement, and
Attitudes of Grade 9th Secondary School Students Towards Mathematics
Salah satu tujuan utama
guru adalah mencapai tujuan instruksional untuk meningkatkan hasil belajar
siswa. Banyak hasil penelitian yang menggunakan berbagai model pembelajaran
yang berbeda-beda untuk mencapai tujuan itu. Salah satunya pembelajaran
kooperatif. Menurut Slavin, pembelajaran kooperatif adalah “metode
instruksional, dimana guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil, yang
kemudian bekerja sama untuk membantu satu sama lain untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji
pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadapa prestasi akademik dan
sikap siswa. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran
kookperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan prestasi akademik siswa yang
berpartisipasi dalam kelompok dan merangsang sikap positif siswa terhadap matematika di tingkat sekolah
menengah di Vietnam.
The Effect of
Type STAD Cooperative Learning Model, the Way of Learning, And Learning
Motivation toward Enterpreneurial Attitudes (A case Study in SMK N I Jombang)
Kualitas kehidupan
suatu bangsa ditentukan oleh faktor pendidikan. Oleh sebab itu perlu dilakukan reformasi
pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pada akhirnya dapat
meningkatkan martabat manusia. Salah satunya adalah melalui inovasi-inovasi
strategi pembelajaran seperti pembelajaran kooperatif. Berbagai hasil
penelitian menunjukkan bahawa pembelajaan kooperatif menghasilkan prestasi
akademik yang lebih tinggi, memiliki hubungan social yang lebih baik,
meningkatkan kepercayaan diri, dan mampu mengembangkan rasa saling percaya satu
sama lain, baik secara individu maupun kelompok. Slavin (1990) menemukan bahwa
86% dari siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki
prestasi yang tinggi dibandingkan model yang lainnya. Tujuan dari penelitian
ini adalah menguji pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD, cara belajar,
dan motivasi belajar terhadap perilaku kewirausahaan mahasiswa. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe
STAD, cara belajar, dan motivasi belajar terhadap perilaku kewirausahaan
mahasiswa di SMKN 1 Jombang.
Eksperimentasi
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan NHT Pada Pembelajaran Matematika
Siswa SMA Kelas X Semester 1 di Kabupaten Wonogiri Ditinjau dari Kemampuan Awal
Siswa TP. 2010-2011
Matematika merupakan
salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa. Terlihat pada hasil
UN tahun 2009-2010¸ nilai rata-rata matematika lebih rendah dibandingkan mata
pelajaran lain. Hal ini menuntut guru untuk menciptakan suasana yang kondusif
dan sesuai dengan mata pelajaran matematika yang bersifat aksiomatik. Salah
satunya adalah dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Robert E. Slavin
mengemukakan bahwa STAD merupakan salah satu metode pembelajaran kooperatif
paling sederhana, dan merupakan model yang paling baik untuk permulaan bagi
para guru yang baru menggunakan pendekatan kooperatif. Tujuan dari penelitian
ini adalah (1) apakah model pembelajaran tipe STAD dapat menghasilkan hasil
belajar matematika yang lebih baik dari model NHT, (2) apakah hasil belajar
matematika siswa yang memiliki kemampuan awal yang lebih tinggi lebih baik
daripada siswa yang memiliki kemampuan awal lebih rendah, (3) manakah diantara
model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan NHT yang memberikan hasil belajar yang lebih baik ditinjau dari tingkat
kemampuan awal. Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) model pembelajaran
tipe STAD lebih baik daripada NHT, (2) hasil belajar siswa yang memiliki
kemampuan awal yang tinggi lebih baik daripada siswa yang mempunyai kemampuan
awal sedang dan rendah, (3) untuk setiap kategori kemampuan awal, model
pembelajaran tipe STAD memberikan hasil yang lebih baik daripada tipe NHT.
Enhancing
Primary School Students’ Social Skills Using Cooperative Learning in
Mathematics
Undang-undang
pendidikan di Thailand bagian keenam menyatakan bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan rakyat Thailand
menjadi warga negara yang baik dengan kesiapan pikiran dan tubuh, pengetahuan,
kecerdasan, moral, dan budaya. Dalam hal ini dituntut peran guru untuk mencapai
tujuan tersebut melalui berbagai metode pengajaran dan kegiatan pembangunan.
Salah satu model yang sesuai adalah STAD. Melalui model kooperatif tipe STAD
diharapkan dapat menanamkan siswa dengan keterampilan sosial dan kompetensi tim
kerja sehingga dapat berinteraksi dan mencapai prestasi akademik yang baik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan keterampilan sosial melalui
pembelajaran kooperatif tipe STAD dan meningkatkan prestasi akademik siswa.
Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa melalui model ini dapat
mengembangkan keterampilan sosial siswa serta meningkatkan prestasi akademik
siswa.
Applying
Slavin’s Cooperative Learning Techniques To A College EFL Conversation Class
Di Perguruan Tinggi,
kelas bahasa Inggris kerap berpusat pada guru sehingga sulit untuk meningkatkan
kemampuan bahasa Inggris siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut pembelajaran
kooperatif dipandang sebagai model pembelajaran yang dapat meningkatkan dan
memfasilitasi interaksi siswa. Untuk mengajar kelas conversation, teknik STAD dianggap paling cocok digunakan. Dalam
teknik STAD, siswa bekerja dalam tim yang heterogen untuk belajar bersama-sama,
setiap siswa berkontribusi dalam tim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
meningkatkan motivasi belajar dalam mendengarkan dan berbicara, hubungan
interpersonal, serta kerja kolaboratif siswa melalui model pembelajaran
kooperatif teknik STAD. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi
peningkatan motivasi siswa dalam mendengarkan dan berbicara, hubungan
interpersonal, serta kolaboratif siswa.
Effect Of Student’s
Team Achievement Division (STAD) On Academic
Achievement Of Students
Kimia menempati posisi
sentral diantara mata pelajaran sains. Salah satu penyebab terbesar kecemasan
siswa terhadap mata pelajaran kimia adalah metode pengajaran yang buruk
(Jegede, 2007). STAD menurut Rai (2007) adalah salah satu dari banyak strategi
dalam pembelajaran kooperatif yang membantu meningkatkan kerja sama dan
keterampilan belajar. Temuan Balfakih (2003) telah menunjukkan bahwa dalam mengajar kimia kelas 10 STAD adalah
metode pengajaran yang lebih efektif daripada metode ceramah. Tujuan penelitian
ini adalah meneliti efek pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode
ceramah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kedua kelas eksperimen dan kontrol,
kelas eksperimen dengan metode kooperatif tipe STAD lebih baik daripada kelas
control yang diajar dengan metode ceramah.
Learning
Probability In The Arts Stream Classes: Do Colour Balls With STAD Cooperative Learning
Help In Improving Students’ Performance?
Teori peluang merupakan
bagian dari pelajaran matematika yang penting untuk dipelajari. Namun masih
terdapat masalah untuk mempelajari dan mengajarkan teori peluang. Banyaknya
konsep-konsep yang bersifat abstrak dalam teori peluang, dibutuhkan metode
pembelajaran yang efektif untuk membantu membangun pemahaman siswa dari yang
bersifat abstrak ke konkret. Pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan metode
yang dapat memotivasi dan mendorong siswa untuk saling membantu dan menguasai
keterampilan yang disampaikan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh dari alat bantu belajar bola berwarna dengan metode STAD dalam
meningkatkan kemampuan siswa di pembelajaran teori peluang dan untuk mengetahui
persepsi siswa tehadap penggunaan metode CBCL di pembelajaran teori peluang.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa alat bantu belajar bola berwarna ketika
digabungkan dengan STAD merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan
kemampuan siswa di pembelajaran teori peluang.
The Effects Of
The STAD-Cooperative Learning Method On Student Achievement, Attitude And Motivation
In Economics Education
Sebagai salah satu
teknik pembelajaran kooperatif, STAD mampu meningkatkan motivasi dan prestasi
akademik siswa dan dapat diterapkan dengan sukses di kelas eksperimen (Slavin).
Penelitian ini dimaksudkan untuk mendiskusikan konsep dari STAD sebagai
pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif tipe STAD memfokuskan
penelitian pada prestasi akademik, sikap, interaksi sosial, dan hubungan
antarpribadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pengaruh
metode STAD terhadap prestasi belajar siswa, sikap, dan motivasi dalam belajar
ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode STAD dibandingkan ceramah menunjukkan
sikap positif, prestasi yang lebih baik, dan siswa termotivasi untuk belajar
ekonomi.
The Effect Of
STAD and Learning Motivation Towoard The Students Reading Competence Of The
Eight Year Student Of SMP N 3 Ubud In The Academic 2012/2013
Bahasa merupakan bagian
penting bagi manusia untuk berkomunikasi. Selanjutnya, untuk berkomunikasi
dengan baik dibutuhkan minat membaca sebagai keterampilan dasar. Di SMPN 3
Ubud, pembelajaran bahasa Inggris masih bersifat teacher approach. Siswa hanya disuruh membaca paragraf, sehingga
siswa hanya pasif. Salah satu metode yang bisa meningkatkan keaktifan siswa
dalam belajar adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD. Menurut Slavin STAD
adalah cara yang lebih baik dan lebih mudah untuk guru mengajar siswa dalam
kelompok karena siswa bisa lebih aktif, berbagi pengetahuan satu sama lain dan
memecahkan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi pengaruh
pelaksanaan metode STAD dan motivasi terhadap kemampuan membaca siswa. Adapun
hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat efek yang berbeda signifikan antara
siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode STAD dan konvensional, (2)
terdapat pengaruh motivasi beajar terhadap kemampuan membaca siswa, (3)
terdapat efek interaksional yang sigifikan antara pelaksanaan STAD dan motivasi
belajar terhadap kemampuan membaca siswa, (4) terdapat efek yang berbeda
sigifikan antara siswa yang memiliki motivasi tinggi diajarakan dengan metode
STAD dan metode konvensional, dan (5) terdapat efek yang berbeda signifikan
antara siswa yang memiliki motivasi rendah yang diajarkan dengan metode STAD
dan konvensional.
The Effect of
Cooperative Learning Techniques On Promoting Writing Skill Of Iranian EFL
Learners
Kemampuan menulis
merupakan masalah utama yang dialami siswa bahasa Inggris. Salah satu
penyebabnya adalah karena kurangnya kepercayaan diri mereka dalam menulis.
Untuk itu dibutuhkan metode yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam
menulis. Salah satunya pembelajaran kooperatif tipe STAD. Menurut Ghaith dan
Yaghi (1998) STAD secara konsisten telah terbukti menjadi salah satu teknik
pembelajaran kooperatif yang sederhana dan efektif dalam meningkatkan kemapuan
menulis siswa dalam berbagai mata pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah
menyelidiki pengaruh pembelajaran kooperatif dalam kemampuan menulis siswa. Hasil
dari penelitian adalah kelompok eksperimen (STAD dan GI) memiliki kemampuan
menulis yang lebih baik dibandingkan kelas kontrol (CI) dan berdasarkan
pembelajaran kooperatif kemampuan menulis siswa meningkat.
The Impact Of STAD
Strategy On FL Reading Achievement Of Low-,
Average-, And High-achieving Students In Al Balqa Applied University
Mambaca pemahaman
menuntut pembaca untuk terlibat aktif dalam memahami teks yang tertulis. Untuk
itu, guru harus memahami pendekatan utama untuk pengajaran membaca. Strategi
pembelajaran kooperatif adalah salah satu strategi yang efektif untuk
meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa. Menurut Rai (2007) STAD adalah
salah satu dari banyak strategi dari pembelajaran kooperatif yang membantu
meningkatkan kerja sama dan keterampilan belajar mengatur diri sendiri. Tujuan
dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh STAD terhadap kemampuan membaca
pemahaman mahasiswa bahasa Inggris universitas Al-Balqa (kemampuan rendah, rata-rata dan tinggi).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode STAD memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap kemampuan pemahaman membaca mahasiswa dengan kemampuan
tinggi sampai rata-rata, sementara tidak berpengaruh terhadap kemampuan mahasiswa
yang rendah.
High School Learners’
Perceptions Of Their STAD Cooperative Learning Experience In Studying
Conditional Sentences: Do Gender And Past Achievement Matter?
Dalam penguasaan bahasa
asing peserta didik dibutuhkan pembelajaran tata bahasa dan kosakata yang baik.
Peserta didik harus mengetahui dan mampu menyesuaikan kosakata yang baik dan
benar dalam tata bahasa sesuai dengan fungsinya. Untuk itu diperlukan metode
kolaboratif yaitu pembelajaran kooperatif tipe STAD. STAD merupakan metode
popular yang diterapkan dalam pengajaran tata bahasa. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa mengenai pembelajaran kooperatif
tipe STAD pada pelajaran Conditional
Sentences berdasarkan jenis kelamin dan kemampuan awal. Adapun hasil dari
penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tidak hanya
memfasilitasi perkembangan afektif dan kognitif siswa, tetapi metode ini juga
dianggap menyenangkan dan bermanfaat untuk pengalaman belajar siswa. Persepsi
siswa laki-laki dan perempuan tidak berbeda signifikan, namun siswa laki-laki
lebih cenderung memiliki persepsi yang positif terhadap pembelajaran
kooperatif. Demikian pula dengan siswa laki-laki yang memiliki kemampuan awal
rendah menyatakan kepuasan yang lebih besar dengan kontribusi dan peran mereka dalam kelompok.
Literature Review of the Cooperative Learning Strategy
– Student Team Achievement Division (STAD)
Tujuan dari literatur
ini adalah mencakup pengembangan dan membahas secara mendalam tentang
pembelajaran kooperatif tipe STAD. Telah banyak dilakukan penelitian mengenai
STAD, mulai dari kemunculannya, perdebatan hingga efektivitas penggunaanya. STAD lahir berdasarkan
pemenuhan
pembelajaran pedagogi (Felder & Bren, 2001; Ghaith, 2001). Hasil dari tinjauan literatur ini berdasarkan persepsi guru dan siswa mengenai efektivitas penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD di sekolah menengah Hongkong, efektifitas STAD ini belum terbukti.
pembelajaran pedagogi (Felder & Bren, 2001; Ghaith, 2001). Hasil dari tinjauan literatur ini berdasarkan persepsi guru dan siswa mengenai efektivitas penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD di sekolah menengah Hongkong, efektifitas STAD ini belum terbukti.
Cooperative
Learning STAD-Pjbl: Motivation, Thinking Skills, And Learning Outcomes Of Biology Department
Students
Sumber dan media
belajar merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus diambil mahasiswa
kependidikan di UMM. Setelah mengambil mata kuliah ini mahasiswa diharapkan
mampu menerapkan prinsip sumber dan media pembelajaran serta merancang,
mengembangkan, dan memodifikasi berbagai media untuk mengajar. Namun,
kenyataannya mahasiswa masih memiliki motivasi yang rendah dan tidak tertantang
untuk belajar. Untuk itu diperlukan metode yang sesuai seperti Pembelajaran
Berbasis Proyek (PjBL) yang diintegrasikan dengan pembelajaran kooperatif tipe
STAD. STAD menekankan berbagai karakteristik pembelajaran langsung dimana
mahasiswa dalam kelompok kecil belajar dan berbagi informasi. Tujuan dari
penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar, meningkatkan keterampilan
berfikir, dan prestasi akselerasi siswa. Hasil dari penelitian adalah integrasi PjBL-STAD meningkatkan motivasi
belajar, meningkatkan kemampuan berfikir, dan prestasi akselerasi mahasiswa.
The Effect of
Student Team-Achievement Division (STAD) on Language Achievement of Iranian EFL
Students across Gender
Manusia sebagai makhluk
sosial membutuhkan interaksi dan kerja sama dengan manusia lainnya baik dalam
kehidupan maupun pendidikan. Tujuan pendidikan adalah untuk meningkatkan
prestasi dan pengetahuan sebagai bekal untuk menghadapi era globalisasi. Untuk
mencapai tujuan tersebut, peran guru dalam memilih metode yang tepat sangat
penting. Maka diperlukan metode yang sesuai dengan karakteristik siswa, salah
satunya pembelajaran kooperatif tipe STAD yang sesuai dengan karakteristik
siswa yang heterogen. Menurut Slavin (1994), dalam STAD siswa dibagi kedalam
kelompok belajar yang dicampur dalam tingkat kerja, jenis kelamin, dan etnis. Tujuan
dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh STAD terhadap kemampuan bahasa
siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa STAD lebih efektif digunakan untuk
meningkatkan kemampuan bahasa siswa dan tidak ada perbedaan gender dalam
kemapuan bahasa siswa setelah diajarkan dengan metode STAD.
The Influence Of
Learning Method Of Student Teams-Achievement Divisions (STAD), Inquiry Based
Learning (Ibl), And Expository (Conventional), And Reading Interests Toward
Writing Competence
Menulis merupakan suatu kemampuan yang
harus diiringi dengan penguasaan kosakata yang banyak. Dalam memperbanyak dan
memperkaya kosakata yang dimiliki harus diupayakan dengan minat baca yang
tinggi. Sehingga dengan banyak membaca maka akan menghasilkan tulisan yang
bagus. Dalam pembelajaran menulis guru dituntut untuk merancang dan
mengimplementasikan metode yang sesuai. Pembelajaran kooperatif dipandang mampu
untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Pembelajaran kooperatif mampu
mengembangkan hubungan dalam kelompok dan interaksi serta penerimaan dengan
teman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui perbedaan
kemampuan menulis siswa yang belajar dengan metode STAD, IBL, dan ekspositori,
(2) mengetahui perbedaan kemampuan menulis siswa yang memiliki minat baca yang
tinggi dan rendah, (3) mengetahui interaksi metode pembelajaran dan minat baca
dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan antara kemampuan
menulis yang belajar dengan metode STAD, IBL, dan ekspositori. Kemampuan
menulis siswa yang belajar dengan metode STAD lebih tinggi daripada siswa yang
belajar dengan metode IBL dan siswa yang belajar dengan metode IBLlebih tinggi
daripada siswa yang belajar dengan metode ekspositori. (2) ada perbedaan
kemampuan menulis siswa yang memiliki minat membaca yang tinggi dan rendah, (3)
tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dan minat membaca dalam
meningkatkan kemampuan menulis siswa.
The Contribution
Of Students Team Achievement Division (STAD) And Motivation Towards Writing
Comparison And Contrast Text Of The First Semester Management Students At
University Muhammadiyah Of Metro
Memiliki kemampuan
menulis dalam bahasa Inggris merupakan hal yang penting, tidak hanya sekedar
kemampuan berbicara saja. Namun, di Universitas Muhammadiyah Metro, ditemukan
bahwa mahasiswa tidak menyukai tugas menulis terutama dalam bahasa Inggris. Untuk
itu, STAD sebagai pembelajaran kooperatif dianggap bisa menjadi solusi untuk
mengatasi masalah tersebut. Dawis (1999:7) menyatakan bahwa pembelajaran
kooperatif membantu siswa mempelajari informasi dan konsep untuk dipersiapkan
dalam diskusi dan tes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh STAD sebagai faktor penting dalam meningkatkan motivasi siswa. Hasil
temuan penelitian ini adalah terjadi kemajuan dari setiap kelas (eksperimen dan
kontrol) dan terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara kelas
eksperimen dan kontrol dimana metode STAD memberikan kontribusi dalam
meningkatkan motivasi dan kemampuan menulis siswa.
The Effect of
Cooperative Learning Strategy of Student Teams
Achievement
Divisions (STAD) on Developing Oral Communication Skills
of Iranian EFL
Learners
Dewasa ini, pendekatan
pembelajaran kooperatif menjadi laris dan diterapkan untuk hampir semua mata
pelajaran di sekolah bahkan di perguruan tinggi. Pembelajaran kooperatif
dipandang paling efektif dan mampu meningkatkan interaksi dan komunikasi siswa.
Siswa belajar untuk saling bertukar informasi dan saling menghargai. Salah satu
tipe pembelajaran kooperatif yang mampu meningkatkan prestasi siswa adalah
STAD. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk menguji pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam
membangun komunikasi lisan mahasiswa bahasa di Institut Bahasa Iran. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa metode STAD efektif dalam mengembangkan
keterampilan komunikasi lisan mahasisiswa.
Posting Komentar untuk "Kesimpulan Berbagai Jurnal Internasional Model Pembelajaran STAD"