Contoh RPP Materi Kebutuhan



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran              :           Ekonomi
Kelas/Program             :                        X
Semester                      :           Ganjil
Standar Kompetensi      :           Memahami Permasalahan Ekonomi dalam Kaitannya dengan
 Kebutuhan Manusia, Kelangkaan dan Sistem Ekonomi.
Kompetensi Dasar         :           Mengidentifikasi kebutuhan manusia
Indikator                       :           1. Mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
                                                2. Mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.
                                                3. Mengeidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan.
Alokasi waktu               :           2x45 menit
A.     Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran siswa dapat:
1.       Mendeskripsikan pengertian kebutuhan
2.       Mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan
3.       Mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan
B.     Materi pembelajaran
1.       Pengertian kebutuhan
Kebutuhan adalah sesuatu yang kita butuhkan dan harus dipenuhi untuk mempertahankan kelangsungan hidup kita. Contoh : makanan, pakaian, dan tempat tinggal..
2.       Jenis-jenis kebutuhan :
a.       Menurut Intensitas
a)      Kebutuhan primer
Kebutuhan primer adalah kebutuhan manusia yang harus dipenuhi agar manusia itu dapat hidup dengan layak. Contoh : makan, pakaian, tempat tinggal,
b)      Kebutuhan sekunder
Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan manusia yang timbul dan dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Contoh : motor,  meja, kursi, televise, handphone.
c)      Kebutuhan tersier
Kebutuhan tersier adalah kebutuhan akan barang mewah yang pemenuhannya dilakukan setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Contoh : mobil, perhiasan, kapal pesiar, dan villa.
Penggolongan ini tidak mutlak tergantung pada latar belakang  sosial dan ekonomi manusia itu sendiri.
b.       Menurut Waktu
a)      Kebutuhan sekarang
Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang harus dipenuhi sekarang juga yang tidak dapat ditunda. Contoh: kebutuhan akan jasa dokter pada waktu sakit, makan pada waktu lapar, dan obat bagi orang sakit.
b)      Kebutuhan yang akan datang
Kebutuhan yang akan dating adalah kebutuhan yang pemenuhannya dapat dilakukan sekarang atau ditunda tetapi manfaatnya dapat dirasakan di masa yang akan datang. Contoh ; menabung, membeli payung untuk menghadapi musim hujan, menyimpan padi untuk musim paceklik, ikut asuransi.
c.       Menurut Sifat
a)      Kebutuhan jasmani
Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang berhubungan dengan jasmani atau fisik yaitu penampilan dan kesehatan. Contoh : kebutuhan akan makan, pakaian, tempat tinggal,olah raga.
b)      Kebutuhan Rohani
Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang berhubungan dengan kejiwaan manusia. Contoh : rekreasi, hiburan, kesenian, kasih sayang, beribadah.
d.       Menurut Subjek
a)      kebutuhan Individu
Kebutuhan individu adalah kebutuhan yang timbul dalam diri seseorang dan bersifat perorangan. Contoh ; pelajar membutuhkan buku, alat tulis. Petani membutuhkan cangkul, pupuk, bibit.
b)      Kebutuhan Kolektif/ kelompok
Kebutuhan kolektif adalah kebutuhan yang dirasakan oleh sekelompok orang secara bersamaan dan pemenuhannya dilakuakn secara  kelompok atau bersama-sama. Contoh : jalan, jembatan, sekolah, rumah sakait, telepon umum, pasar, halte.
3.       Hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan
Jika kita teliti, ternyata ada perbedaan kebutuhan antara satu individu dan individu lainnya, antara satu kelompok dan kelompok lainnya. Ada beberapa hal yang menyebabkan kebutuhan itu berbeda. Diantaranya adalah peradaban, lingkungan, adat istiadat, dan agama.
a.       Peradaban
Peradaban adalah salah satu faktor yang membuat kebutuhan tiap zaman berbeda. Pada zaman dahulu, peradaban manusia masih sangat rendah. Kebutuhan manusia padamasa itu masih tertuju pada kebutuhan primer. Jenis kebutuhan serta cara pemenuhannyapun masih sangat sederhana. Misalnya, nenek moyang kita cukup berpakaian seadanya dengan menggunakan kulit kayu atau daun-daunan. Makanpun cukup dengan umbi-umbian. Seiring dengan berkembangnya peradaban, semakin berkembang pula jenis kebutuhan. Manusia membutuhkan makanan lain yang lebih bervariasi dan pakaian yang terbuat dari bahan yang bagus.
b.      Lingkungan
Lingkungan termasuk salah satu faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia. Kebutuhan masyarakat yang mendiami sebuah pesisir berbeda dengan masyarakat yang mendiami pegunungan. Penduduk pesisir lebih membutuhkan jarring, perahu, pancing, atau kapal motor agar dapat menangkap ikan di laut. Sedangkan penduduk pegunungan lebih membutuhkan cangkul, benih tanaman, atau pupuk untuk bercocok tanam.
c.       Adat istiadat
Adat istiadat atau tradisi juga banyak mempengaruhi perbedaan kebutuhan setiap individu atau kelompok individu. Pria jawa memiliki tradisi untuk menggunakan blangkon. Sementara pria di daerah lainnya tidak demikian.
d.      Agama
Agama juga termasuk salah satu faktor yang membuat kebutuhan setiap individu berbeda. Misalnya, penganut agama islam membutuhkan sajadah untuk shalat dan dilarang mengkonsumsi daging babi, sedangkan penganut agama hindu membutuhkan sesajen dalam upacara keagamaannya dan dilarang mengkonsumsi daging sapi.

C.     Metode pembelajaran          :           Make A match dengan metode diskusi kelompok.
D.     Langkah-langkah Pembelajaran
No
Langkah Pembelajaran
Waktu
A
Pendahuluan
1.      Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
2.      Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari;
3.      Menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas.
4.      Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok yang terdidiri dari 4-5 orang


10
B
Kegiatan Inti
1.      siswa mengamati (Observing) permasalahan terkait dengan bidang ekonomi yang ada di sekeliling siswa yang berhubungan dengan akebutuhan sesuai petunjuk guru


10

2.      Guru membuka cakrawala siswa dengan mengajuakn pertanyaan-pertanyaan dan siswa menjawab dengan jujur untuk menemukan konsep kebutuhan.

10

3.      Siswa dibagi didalam kelompok, masing-masing kelompok disuruh berdiskusi tentang materi yang bersangkutan.
4.      Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok.
5.      Masing-masing kelompok mendapat 1 bundelan tugas yang akan dikejakan.
6.      Tiap kelompok memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang.
7.      Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban).
8.      Setiap kelompok yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin.
9.      Setelah itu masing-masing kelompok yang mengerti menjelaskan kepada anggota kelompok masing-masing (yang belum mengerti).
10.  Setelah itu tiap-tiap kelompok membacakan hasil penemuannya.
11.  Guru memberikan reward kepada kelompok siswa yang menjawab dengan benar.

30

12.  Guru memberikan kuis atau pertanyaan kepada seluruh peserta didik .Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu.
a.       Guru memberikan soal kuis  yang terkait dengan konsep kebutuhan.
15
C
Penutup
1.      Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang diajarkan
2.      Guru memberikan refleksi kepada peserta didik
3.      Guru menyampaikan kepada peserta didik mengenai materi pembelajaran berikutnya
4.      Guru memberikan tugas kepada pesertadidik
5.      Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.

15

E.      Sumber Dan Media Pembelajaran
1.        
F.      Penilaian
1.       Tekhnik Penilaian : Tes tertulis dan kompetitif
2.       Bentuk Instrumen : Tes uraian dan kartu
3.       Soal :
a.       Apa yang dimaksud dengan kebutuhan manusia?
b.       Sebutkan macam kebutuhan menurut intensitasnya!
c.       Termasuk kebutuhan apakah pernyataan-pernyataan dibawah ini :
b)      Payung pada saat hujan
c)      Obat bagi orang sakit
d)      Masjid bagi umat muslim
e)      Baju
f)       Perhiasan
g)      Nasi bagi orang yang lapar
G.     Pedoman Penskoran
No
Kunci jawaban
Skor
1

1.   Kebutuhan adalah sesuatu yang kita butuhkan dan harus dipenuhi untuk mempertahankan kelangsungan hidup kita.
Contoh : makanan, pakaian, dan tempat tinggal.
10
2
Kebutuhan menurut intensitasnya :
1.       Kebutuhan primer
2.       Kebutuhan sekunder
3.       Kebutuhan tersier
10
3
Ø  Payung = kebutuhan sekarang
Ø  Obat = sekarang
Ø  Masjid = kolektif
Ø  Baju = Primer
Ø  Perhiasan = Tersier
Ø  Nasi =  Sekarang
10






         Skor maksimum
30
                                                                                                                                               
Nilai = Jumlah skor x10
                              3
H.     Pedoman Pengamatan


No

Nama siswa
Aspek  yang  dinilai

jumlah

Rata-rata

keterangan
Keaktifan
(1)
Kerjasama (2)
Ketepatan waktu (3)
Akurasi hasil diskusi(4)










Keterangan
Rincian Penilaian :
1.      Poin 1 nilai benar 40
2.      Poin 2 nilai benar 30
3.      Poin 3 nilai benar 20
4.      Poin 4 nilai benar 10


Posting Komentar untuk "Contoh RPP Materi Kebutuhan"