RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas/Program
: X
Semester : Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami Permasalahan Ekonomi dalam
Kaitannya dengan
Kebutuhan Manusia, Kelangkaan dan Sistem
Ekonomi.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi
kebutuhan manusia
Indikator : 1.
Mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
2.
Mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.
3.
Mengeidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan.
Alokasi waktu : 2x45
menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan
pembelajaran siswa dapat:
1.
Mendeskripsikan pengertian kebutuhan
2.
Mendeskripsikan jenis-jenis
kebutuhan
3.
Mengidentifikasi hal-hal yang
mempengaruhi kebutuhan
B.
Materi pembelajaran
1.
Pengertian kebutuhan
Kebutuhan
adalah sesuatu yang kita butuhkan dan harus dipenuhi untuk mempertahankan
kelangsungan hidup kita. Contoh : makanan, pakaian, dan tempat tinggal..
2.
Jenis-jenis kebutuhan :
a.
Menurut Intensitas
a)
Kebutuhan primer
Kebutuhan primer adalah kebutuhan
manusia yang harus dipenuhi agar manusia itu dapat hidup dengan layak. Contoh :
makan, pakaian, tempat tinggal,
b)
Kebutuhan sekunder
Kebutuhan
sekunder adalah kebutuhan manusia yang timbul dan dipenuhi setelah kebutuhan
primer terpenuhi. Contoh : motor, meja, kursi, televise, handphone.
c)
Kebutuhan tersier
Kebutuhan
tersier adalah kebutuhan akan barang mewah yang pemenuhannya dilakukan setelah
kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Contoh : mobil, perhiasan, kapal
pesiar, dan villa.
Penggolongan
ini tidak mutlak tergantung pada latar belakang sosial dan ekonomi
manusia itu sendiri.
b.
Menurut Waktu
a)
Kebutuhan sekarang
Kebutuhan
sekarang adalah kebutuhan yang harus dipenuhi sekarang juga yang tidak dapat
ditunda. Contoh: kebutuhan akan jasa dokter pada waktu sakit, makan pada waktu
lapar, dan obat bagi orang sakit.
b)
Kebutuhan yang akan datang
Kebutuhan
yang akan dating adalah kebutuhan yang pemenuhannya dapat dilakukan sekarang
atau ditunda tetapi manfaatnya dapat dirasakan di masa yang akan datang. Contoh
; menabung, membeli payung untuk menghadapi musim hujan, menyimpan padi untuk
musim paceklik, ikut asuransi.
c.
Menurut Sifat
a) Kebutuhan
jasmani
Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan
yang berhubungan dengan jasmani atau fisik yaitu penampilan dan kesehatan.
Contoh : kebutuhan akan makan, pakaian, tempat tinggal,olah raga.
b) Kebutuhan
Rohani
Kebutuhan rohani adalah kebutuhan
yang berhubungan dengan kejiwaan manusia. Contoh : rekreasi, hiburan, kesenian,
kasih sayang, beribadah.
d.
Menurut Subjek
a)
kebutuhan Individu
Kebutuhan
individu adalah kebutuhan yang timbul dalam diri seseorang dan bersifat
perorangan. Contoh ; pelajar membutuhkan buku, alat tulis. Petani membutuhkan
cangkul, pupuk, bibit.
b)
Kebutuhan Kolektif/ kelompok
Kebutuhan
kolektif adalah kebutuhan yang dirasakan oleh sekelompok orang secara bersamaan
dan pemenuhannya dilakuakn secara kelompok atau bersama-sama. Contoh :
jalan, jembatan, sekolah, rumah sakait, telepon umum, pasar, halte.
3. Hal-hal
yang mempengaruhi kebutuhan
Jika kita teliti, ternyata ada
perbedaan kebutuhan antara satu individu dan individu lainnya, antara satu
kelompok dan kelompok lainnya. Ada beberapa hal yang menyebabkan kebutuhan itu
berbeda. Diantaranya adalah peradaban, lingkungan, adat istiadat, dan agama.
a. Peradaban
Peradaban
adalah salah satu faktor yang membuat kebutuhan tiap zaman berbeda. Pada zaman
dahulu, peradaban manusia masih sangat rendah. Kebutuhan manusia padamasa itu
masih tertuju pada kebutuhan primer. Jenis kebutuhan serta cara pemenuhannyapun
masih sangat sederhana. Misalnya, nenek moyang kita cukup berpakaian seadanya
dengan menggunakan kulit kayu atau daun-daunan. Makanpun cukup dengan
umbi-umbian. Seiring dengan berkembangnya peradaban, semakin berkembang pula
jenis kebutuhan. Manusia membutuhkan makanan lain yang lebih bervariasi dan
pakaian yang terbuat dari bahan yang bagus.
b. Lingkungan
Lingkungan
termasuk salah satu faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia. Kebutuhan
masyarakat yang mendiami sebuah pesisir berbeda dengan masyarakat yang mendiami
pegunungan. Penduduk pesisir lebih membutuhkan jarring, perahu, pancing, atau
kapal motor agar dapat menangkap ikan di laut. Sedangkan penduduk pegunungan
lebih membutuhkan cangkul, benih tanaman, atau pupuk untuk bercocok tanam.
c. Adat istiadat
Adat
istiadat atau tradisi juga banyak mempengaruhi perbedaan kebutuhan setiap
individu atau kelompok individu. Pria jawa memiliki tradisi untuk menggunakan
blangkon. Sementara pria di daerah lainnya tidak demikian.
d. Agama
Agama
juga termasuk salah satu faktor yang membuat kebutuhan setiap individu berbeda.
Misalnya, penganut agama islam membutuhkan sajadah untuk shalat dan dilarang
mengkonsumsi daging babi, sedangkan penganut agama hindu membutuhkan sesajen
dalam upacara keagamaannya dan dilarang mengkonsumsi daging sapi.
C.
Metode pembelajaran : Make A match dengan metode diskusi
kelompok.
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Langkah Pembelajaran
|
Waktu
|
A
|
Pendahuluan
1. Menyiapkan peserta
didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
2. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan
tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari;
3. Menyampaikan garis
besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta
didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas.
4. Guru membagi peserta
didik dalam beberapa kelompok yang terdidiri dari 4-5 orang
|
10
|
B
|
Kegiatan Inti
1.
siswa mengamati (Observing)
permasalahan terkait dengan bidang ekonomi yang ada di sekeliling siswa yang
berhubungan dengan akebutuhan sesuai petunjuk guru
|
10
|
2.
Guru membuka cakrawala siswa dengan mengajuakn pertanyaan-pertanyaan
dan siswa menjawab dengan jujur untuk menemukan konsep kebutuhan.
|
10
|
|
3.
Siswa dibagi didalam kelompok, masing-masing kelompok disuruh
berdiskusi tentang materi yang bersangkutan.
4.
Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau
topik yang cocok.
5.
Masing-masing kelompok mendapat 1 bundelan tugas yang akan
dikejakan.
6.
Tiap kelompok memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang.
7.
Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok
dengan kartunya (soal jawaban).
8.
Setiap kelompok yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas
waktu diberi poin.
9.
Setelah itu masing-masing kelompok yang mengerti menjelaskan
kepada anggota kelompok masing-masing (yang belum mengerti).
10. Setelah itu tiap-tiap
kelompok membacakan hasil penemuannya.
11. Guru memberikan reward
kepada kelompok siswa yang menjawab dengan benar.
|
30
|
|
12. Guru memberikan kuis atau
pertanyaan kepada seluruh peserta didik .Pada saat menjawab kuis tidak boleh
saling membantu.
a.
Guru memberikan soal kuis
yang terkait dengan konsep kebutuhan.
|
15
|
|
C
|
Penutup
1.
Guru
bersama-sama dengan peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang
diajarkan
2.
Guru
memberikan refleksi kepada peserta didik
3.
Guru
menyampaikan kepada peserta didik mengenai materi pembelajaran berikutnya
4.
Guru
memberikan tugas kepada pesertadidik
5.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
|
15
|
E.
Sumber Dan Media Pembelajaran
1.
F.
Penilaian
1. Tekhnik Penilaian : Tes tertulis dan
kompetitif
2. Bentuk
Instrumen : Tes uraian dan kartu
3. Soal
:
a.
Apa yang dimaksud
dengan kebutuhan manusia?
b.
Sebutkan macam
kebutuhan menurut intensitasnya!
c.
Termasuk
kebutuhan apakah pernyataan-pernyataan dibawah ini :
b)
Payung pada saat hujan
c)
Obat bagi orang sakit
d)
Masjid bagi umat muslim
e)
Baju
f)
Perhiasan
g)
Nasi bagi orang yang lapar
G.
Pedoman Penskoran
No
|
Kunci jawaban
|
Skor
|
1
|
1. Kebutuhan
adalah sesuatu yang kita butuhkan dan harus dipenuhi untuk mempertahankan
kelangsungan hidup kita.
Contoh : makanan, pakaian, dan
tempat tinggal.
|
10
|
2
|
Kebutuhan menurut intensitasnya :
1.
Kebutuhan primer
2.
Kebutuhan sekunder
3.
Kebutuhan tersier
|
10
|
3
|
Ø
Payung = kebutuhan sekarang
Ø
Obat = sekarang
Ø
Masjid = kolektif
Ø
Baju = Primer
Ø
Perhiasan = Tersier
Ø
Nasi = Sekarang
|
10
|
Skor maksimum
|
30
|
Nilai
= Jumlah skor x10
3
H.
Pedoman Pengamatan
No
|
Nama siswa
|
Aspek yang dinilai
|
jumlah
|
Rata-rata
|
keterangan
|
|||
Keaktifan
(1)
|
Kerjasama (2)
|
Ketepatan waktu (3)
|
Akurasi hasil diskusi(4)
|
|||||
Keterangan
Rincian
Penilaian :
1. Poin 1
nilai benar 40
2. Poin 2
nilai benar 30
3. Poin 3
nilai benar 20
4. Poin 4
nilai benar 10
Posting Komentar untuk "Contoh RPP Materi Kebutuhan"