Jenis-jenis Materi Pembelajaran


No
Jenis Materi
Pengertian dan Contoh
Tujuan Pembelajaran
Pendekatan, Strategi, Metode, Tekhnik, atau Model yang Cocok digunakan untuk Pembelajaran
1
Fakta
Fakta adalah materi berupa nama-nama objek, nama tempat,
nama orang, lambang, peristiwa sejarah, nama bagian atau komponen suatu
benda, dan lain sebagainya.
Contoh: Pengauditan mulai dilakukan sejak abad ke 15. Sementara di Indonesia, akuntansi baru dikenal setelah tahun 1950-an, yaitu ketika semakin banyak perusahaan didirikan dan akuntansi sitem Amerika mulai dikenal, terutama melalui pendidikan di perguruan tinggi. Tongga penting perkembangan akuntansi di Indonesia terjadi pada tahun 1973, yaitu ketika Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) menetapakan Prinsip-prinsip Akuntansi Indoneisa (PAI) dan Norma Pemeriksaan Akuntansi (NPA). Prinsip akuntansi dan norma pemeriksaan tersebut hampir seluruhnya mengadopsi prinsip akuntansi dan standar audit yang berlaku di Amerika Serikat.
Afektif:
Mahasiswa dapat menganut norma pemeriksaan akuntansi yang ada di Indonesia.
Kognitif:
Mahasiswa dapat menggali sejarah auditing di Indonesia.
Psikomotor:
Mahasiswa dapat mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan sejarah auditing di Indonesia.
Tekhnik mind mapping (peta konsep)










Referensi : Agus Suprijono (Cooperative Learning, Teori & Aplikasi PAIKEM)
e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha
Jurusan Pendidikan Dasar(Volume 3 Tahun 2013).
2
Konsep
Materi konsep berupa pengertian, definisi, hakekat, inti isi.
Contoh:
Menurut Amir Abadi Yusuf, auditing adalah proses pengumpulan dan pengevaluasian bahan bukti tentang informasi yang dapat diukur mengenai suatu entitas ekonomi yang dilakukan seseorang yang kompeten dan independen untuk dapat menentukan dan melaporkan kesesuaian informasi dimaksud dengan kriteria-kriteria yang ditetapkan. Auditing seharusnya dilakukan oleh seorang yang independen dan kompeten.

Afektif:
Mahasiswa dapat memperjelas definisi dari kegiatan auditing.
Kognitif:
Mahasiswa dapat  memahami definisi dari kegiatan auditing.
Psikomotor:
Mahasiswa dapat membuat kesimpulan sendiri mengenai definisi auditing.
Cooperative learning tipe Jigsaw.









Referensi : Agus Suprijono (Cooperative Learning, Teori & Aplikasi PAIKEM)
3
Prinsip
Materi jenis prinsip berupa dalil, rumus, postulat adagium, paradigma, teorema.
Contoh:
Prinsip-prinsip dalam mengaudit:
1.      Ethical Conduct, yaitu berdasarkan profesionalisme, kejujuran integritas, kerahasiaan, dan kebijaksanaan.
2.      Fair Presentation, yaitu kewajiban melaporkan secara jujur dan akurat.
3.      Due Profesional Care, yaitu impelentasi dari kesungguhan dan pertimbangan yang diberikan.
4.      Independence
5.      Evidence-Base Approach
Afektif:
Mahasiswa diharapkan mematuhi prinsip-prinsip dalam mengaudit.
Kognitif:
Mahasiswa dapat menentukan prinsip-prinsip mengaudit.
Psikomotor:
Mahasiswa diharapkan dapat melatih diri dalam meneapkan prinsip-prinsip audit.
Model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL)








Referensi:
Rani, Nuraini 2013, Universitas Pendidikan Indonesia. repository.upi.edu
4
Prosedur
Materi jenis prosedur berupa langkah-langkah mengerjakan sesuatu secara urut.
Contoh:
Langkah prosedur umum audit:
1.      Perekaman atau pencatatan system akuntansi.
2.      Review dan evaluasi pendahuluan.
3.      Pengujian kepatuhan.
4.      Mencocokkan laporan keuangan sebagai dasar pokok perekaman transaksi.
5.      Pengujian substantif.
6.      Analisis menyeluruh.
7.      Pengujian terperinci.
8.      Memastikan kesesuaian kode rekening organisasi.
9.      Memastikan kesesuaian dengan standar akuntansi.
10.  Pengujian kebenaran dan kejujuran.
11.  Pengujian analitis.
12.  Audit peristiwa setelah tanggal neraca.
13.  Pengujian laporan manajemen.
14.  Surat representasi.
15.  Review partner atau auditor atas kerja audit yang telah dilakukan.
Afektif:
Mahasiswa dapat mengikuti langkah-langkah dalam proses mengaudit.
Kognitif:
Mahasiswa dapat mengurutkan langkah-langkah dalam proses mengaudit.
Psikomotor:
Mahasiswa dapat mendemonstrasikan langkah-langkah dalam proses mengaudit.
Model pembelajaran dengan pendekatan bahan ajar multimedia.













Referensi:
Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 3 N0.1 Februari, Tahun 2008. Oleh Maylia Pramono Sari (Pengoptimalan Hasil Belajar Mahasiswa pada Perkuliahan Auditing II dengan Memanfaatkan Bahan Ajar Multimedia).







Posting Komentar untuk "Jenis-jenis Materi Pembelajaran"