No
|
Jenis
Materi
|
Pengertian dan Contoh
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Pendekatan, Strategi, Metode, Tekhnik, atau Model yang Cocok
digunakan untuk Pembelajaran
|
1
|
Fakta
|
Fakta
adalah materi berupa nama-nama objek, nama tempat,
nama
orang, lambang, peristiwa sejarah, nama bagian atau komponen suatu
benda,
dan lain sebagainya.
Contoh:
Pengauditan mulai dilakukan sejak abad ke 15. Sementara di Indonesia,
akuntansi baru dikenal setelah tahun 1950-an, yaitu ketika semakin banyak
perusahaan didirikan dan akuntansi sitem Amerika mulai dikenal, terutama
melalui pendidikan di perguruan tinggi. Tongga penting perkembangan akuntansi
di Indonesia terjadi pada tahun 1973, yaitu ketika Ikatan Akuntan Indonesia
(IAI) menetapakan Prinsip-prinsip Akuntansi Indoneisa (PAI) dan Norma Pemeriksaan
Akuntansi (NPA). Prinsip akuntansi dan norma pemeriksaan tersebut hampir
seluruhnya mengadopsi prinsip akuntansi dan standar audit yang berlaku di
Amerika Serikat.
|
Afektif:
Mahasiswa dapat menganut norma pemeriksaan akuntansi
yang ada di Indonesia.
Kognitif:
Mahasiswa dapat menggali sejarah auditing di
Indonesia.
Psikomotor:
Mahasiswa dapat mengumpulkan informasi yang
berkaitan dengan sejarah auditing di Indonesia.
|
Tekhnik mind mapping (peta
konsep)
Referensi
: Agus Suprijono (Cooperative Learning, Teori &
Aplikasi PAIKEM)
e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha
Jurusan
Pendidikan Dasar(Volume 3 Tahun 2013).
|
2
|
Konsep
|
Materi
konsep berupa pengertian, definisi, hakekat, inti isi.
Contoh:
Menurut Amir Abadi
Yusuf, auditing adalah proses pengumpulan dan pengevaluasian bahan bukti
tentang informasi yang dapat diukur mengenai suatu entitas ekonomi yang
dilakukan seseorang yang kompeten dan independen untuk dapat menentukan dan
melaporkan kesesuaian informasi dimaksud dengan kriteria-kriteria yang
ditetapkan. Auditing seharusnya dilakukan oleh seorang yang independen dan
kompeten.
|
Afektif:
Mahasiswa dapat memperjelas definisi dari kegiatan
auditing.
Kognitif:
Mahasiswa dapat
memahami definisi dari kegiatan auditing.
Psikomotor:
Mahasiswa dapat membuat kesimpulan sendiri mengenai
definisi auditing.
|
Cooperative learning tipe Jigsaw.
Referensi
: Agus Suprijono (Cooperative Learning, Teori &
Aplikasi PAIKEM)
|
3
|
Prinsip
|
Materi
jenis prinsip berupa dalil, rumus, postulat adagium, paradigma, teorema.
Contoh:
Prinsip-prinsip
dalam mengaudit:
1. Ethical Conduct, yaitu berdasarkan profesionalisme, kejujuran integritas,
kerahasiaan, dan kebijaksanaan.
2. Fair Presentation, yaitu kewajiban melaporkan secara jujur dan akurat.
3. Due Profesional Care, yaitu impelentasi dari kesungguhan dan
pertimbangan yang diberikan.
4. Independence
5. Evidence-Base Approach
|
Afektif:
Mahasiswa diharapkan mematuhi prinsip-prinsip dalam
mengaudit.
Kognitif:
Mahasiswa dapat menentukan prinsip-prinsip
mengaudit.
Psikomotor:
Mahasiswa diharapkan dapat melatih diri dalam
meneapkan prinsip-prinsip audit.
|
Model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL)
Referensi:
Rani, Nuraini 2013, Universitas Pendidikan Indonesia. repository.upi.edu
|
4
|
Prosedur
|
Materi
jenis prosedur berupa langkah-langkah mengerjakan sesuatu secara urut.
Contoh:
Langkah prosedur umum audit:
1. Perekaman atau pencatatan system akuntansi.
2. Review dan evaluasi pendahuluan.
3. Pengujian kepatuhan.
4. Mencocokkan laporan keuangan sebagai dasar pokok perekaman transaksi.
5. Pengujian substantif.
6. Analisis menyeluruh.
7. Pengujian terperinci.
8. Memastikan kesesuaian kode rekening organisasi.
9. Memastikan kesesuaian dengan standar akuntansi.
10. Pengujian kebenaran dan kejujuran.
11. Pengujian analitis.
12. Audit peristiwa setelah tanggal neraca.
13. Pengujian laporan manajemen.
14. Surat representasi.
15. Review partner atau auditor atas kerja audit yang telah dilakukan.
|
Afektif:
Mahasiswa dapat mengikuti langkah-langkah dalam
proses mengaudit.
Kognitif:
Mahasiswa dapat mengurutkan langkah-langkah dalam
proses mengaudit.
Psikomotor:
Mahasiswa dapat mendemonstrasikan langkah-langkah
dalam proses mengaudit.
|
Model pembelajaran dengan pendekatan bahan ajar multimedia.
Referensi:
Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 3 N0.1 Februari, Tahun 2008. Oleh Maylia
Pramono Sari (Pengoptimalan Hasil Belajar Mahasiswa pada Perkuliahan Auditing
II dengan Memanfaatkan Bahan Ajar Multimedia).
|
Posting Komentar untuk "Jenis-jenis Materi Pembelajaran"