Klasifikasi Media Pembelajaran



Klasifikasi Media Pembelajaran
Kelompok satu : Media Grafis, Bahan Cetak, dan gambar Diam
1.      Media Grafis
Media grafis adalah media visual yang menyajikan fakta, ide, atau gagasan melalui penyajian kata-kata, kalimat, angka-angka, dan symbol/gambar. Grafis biasanya digunakan untuk menarik perhatian, memperjelas sajian slide, ide, dan mengilustrasikan fakta-fakta sehingga menarik dan diingat orang.
Yang termasuk media grafis adalah:
a.       Grafik, yaitu penyajian data berangka melalui perpaduan antara angka, grafis, dan symbol.
b.      Diagram, yaitu gambaran yang sederhana yang dirancang untuk memperlihatkan hubungan timbale balik yang biasanya disajikan melalui garis-garis symbol.
c.       Bagan, yaitu perpaduan sajian kata-kata, garis, dan symbol yang merupakan ringkasan suatu proses, perkembangan, atau hubungan-hubungan penting.
d.      Sketsa, yaitu gambar yang sederhana atau draft kasar yang melukiskan bagian-bagian pokok dari suatu bentuk gambar,
e.       Poster, yaitu sajian kombinasi visual yang jelas, menyolok, dan menarik dengan maksud untuk menarik perhatian orang yang lewat.
f.       Papan flannel, yaitu papan yang berlapis kain flannel untuk menyajikan gambar atau kata-kata yang mudah ditempel dan mudah pula dilepas.
g.      Bulletin board, yaitu papan biasa tanpa dilapisi kain flannel. Gambar-gambar atau tulisan-tulisan biasanya langsung ditempelkan dengan menggunakan lem atau alat penempel lainnya.

Kelebihan media grafis
a.       Dapat mempermudah dan mempercepat pemahaman siswa terhdadap pesan yang disajikan.
b.      Dapat dilengkapi dengan warna-warna sehingga lebih menarik perhatian siswa.
c.       Pembuatannya mudah dan harganya murah.
Kelemahan media grafis
a.       Membutuhkan keterampilan khusus dalam pembuatannya terutama untuk grafis yang lebih kompleks.
b.      Penyajian pesan hanya berupa unsur visual.

2.      Media Bahan Cetak
Media bahan cetak adalah media visual yang pembuatannya melalui proses pencetakan/printing atau offset. Media bahan cetak ini menyajikan pesannya melalui huruf dan gambar-gambar yang diilustrasikan untuk lebih memperjelas pesan atau informasi yang disajikan.
Jenis media bahan cetak ini diantaranya adlah:
a.       Buku teks, yaitu buku tentang suatu bidang studi atau ilmu tertentu yang disusun untuk mempermudah para guru dan siswa dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran.
b.      Modul, yaitu suatu paket program yang disusun dalam bentuk satuan tertentu dan didesain sedemikian rupa guna kepentingan belajar siswa.
c.       Bahan pengajaran terprogram, yaitu paket program pengajaran individual, hamper sama dengan modul.
Kelebihan media bahan cetak
a.       Dapat menyajikan pesan atau informasi dalam jumlah yang banyak.
b.      Pesan atau informasi dapat dipelajari oleh siswa sesuai dengan kebutuhan, minat, dan kecepatan masing-masing.
c.       Dapat dipelajari kapan dan dimana saja karena mudah dibawa.
d.      Akan lebih menarik apabila dilengkapi dengan gambar dan warna.
e.       Perbaikan/revisi mudah dilakukan.
Kelemahan media bahan cetak
a.       Proses pembuatannya membutuhkan waktu yang cukup lama.
b.      Bahan cetak yang tebal mungkin dapat membosankan dan mematikan minat siswa untuk membacanya.
c.       Apabila jilid dan kertasnya jelek, bahan cetak akan mudah rusak dan sobek

3.      Media Gambar Diam
Media gambar diam adalah media visual yang berupa gambar yang dihasilkan melalui proses fotografi. Jenis media gambar ini adalah foto.
Kelebihan media gamabar diam
a.       Dibandingkan dengan grafis, media foto ini lebih konkret.
b.      Dapat menunjukkan perbandingan yang tepat dari objek yang sebenarnya.
c.       Pembuatannya mudah dan harganya murah.
Kelemahan media gambar diam
a.       Biasanya ukurannya terbatas sehingga kurang efektif untuk pembelajaran kelompok besar.
b.      Perbandingan yang kurang tepat dari suatu objek akan menimbulkan kesalahan persepsi.
Kelompok Kedua: Media Proyeksi Diam
Media proyeksi diam adalah media visual yang diproyeksikan atau media yang memproyeksikan pesan, dimana hasil proyeksinya tidak bergerak atau memiliki sedikit unsure gerakan.
Jenis media proyeksi diam:
1.      Media OHP dan OHT
OHT (Overhead Transparency) adalah media visual yang diproyeksikan melalui alat proyeksi yang disebut OHP (Overhead Projector).
Kelebihan media OHT/OHP
a.       Dapat digunakan untuk menyajikan pesan di semua ukuran ruangan kelas.
b.      Menarik, karena memungkinkan penyajian yang variatif dan disertai dengan warna-warna yang menarik.
c.       Tatap muka dengan siswa selalu terjaga dan memungkinkan siswa untuk mencatat hal-hal yang penting.
d.      Tidak memerlukan operator secara khusus dan tidak pula memerlukan penggelapan ruangan.
e.       Dapat menyajikan pesan yang banyak dalam waktu yang relative singkat.
f.       Program OHT dapat digunakan berulang-ulang.
Kelemahan media OHT/OHP
a.       Memrlukan perencanaan yang matang dalam pembuatan dan penyajiannya,
b.      OHT dan OHP merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan, karena sebuah gambar dalam kertas biasa tidak bisa diproyeksikan melalui OHP.
c.       Urutan OHT mudah kacau, karena merupakan urutan yang lepas.
2.      Media Apaque Projector
Apaque projector atau proyektor tak tembus pandang ialah media yang digunakan untuk memproyeksikan bahan dan benda-benda yang tidak tembus pandang, seperti buku, foto, dan model-model baik yang dua dimensi maupun yang tiga dimensi.
3.      Media Slide
Media slide atau film bingkai adalah media visual yang diproyeksikan melalui alat yang disebut dengan proyektor slide.
Kelebihan media slide
a.       Membantu menimbulkan pengertian dan ingatan yang kuat pada pesan yang disampaikan dan dapat dipadukan dengan unsure suara.
b.      Merangsang minat dan perhatian siswa dengan warna dan gambar yang kongkrit.
c.       Program slide mudah direvisi sesuai dengan kebutuhan, karena filmya terpisah-pisah.
d.      Penyampaiannya mudah karena ukurannya kecil.
Kelemahan media slide
a.       Memerlukan penggelapan ruangan untuk memproyeksikannya.
b.      Pembuatannya memerlukan waktu yang cukup lama, jika program yang dibuatnya cukup panjang.
c.       Memrlukan biaya yang dikatakan besar.
d.      Hanya dapat menyajikan gambar yang diam (geraknya terbatas walaupun dengan menggunakan lebih dari sebuah proyektot).

4.      Media Filmstrip
Filmstrip atau film bingkai atau film gelang adalah media visual proyeksi diam, yang pada dasarnya hamper sama dengan media slide. Kelebihan media filmstrip dibandingkan media slide adalah media filmstrip mudah penggandaannya karena tidak memerlukan bingkai, juga frame-frame filmstrip tidak akan tertukar karena merupakan satu kesatuan. Akan tetapi pengeditan dan perbaikan/revisi filmstrip agak sukar, karena harus dilakukan di laboratorium khusus.
Kelompok Ketiga : Media Audio
Media audio adalah media yang penyampaian pesannya hanya dapat diterima oleh indera pendengaran. Pesan atau informasi yang akan disampaikan dituangkan ke dalam lambing-lambang auditif yang berupa kata-kata, musik, dan sound effect.
1.      Media Radio
Radio adalah media audio yang penyampaian pesannya dilakukan melalui pancaran gelombang elektromagnetik dari suatu pemancar.
Kelebihan media radio
a.       Memiliki variasi program yang cukup banyak.
b.      Sifatnya mobile, karena mudah dipindah-pindah tempat dan gelombangnya.
c.       Baik untuk mengembangkan imajinasi siswa.
d.      Dapat lebih memusatkan perhatian siswa.
e.       Jangkauannya sangat luas, sehingga didengar oleh massa yang banyak.
f.       Harganya relative murah
Kelemahan media radio
a.       Sifat komunikasinya hanya satu arah
b.      Jika siarannya monoton akan lebih cepat membosankan siswa untuk mendengarkannya.
c.       Program siarannya selintas, sehingga tidak bisa diulang-ulang dan disesuiakan dengan kemampuan belajar siswa secara individual.
2.      Media Alat Perekam Pita Magnetik
Alat perekam pita magnetic atau kaset tape recorder adalah media yang menyajikan pesannya melalui proses perekaman kaset audio.
Kelebihan media Perekam Pita Magnetik
a.       Pita rekaman dapat diputar berulang-ulang sesuai dengan kebutuhan siswa.
b.      Rekaman dapat dihapus dan digunakan kembali.
c.       Mengembangkan daya imajinasi siswa.
d.      Sangat efektif untuk pembelajaran bahasa.
e.       Penggandaan programnya sangat mudah.
Kelemahan media Perekam Pita Magnetik
a.       Daya jangkaunya terbatas
b.      Biaya penggandaan alatnya relative lebih mahal dibanding radio
Kelompok Keempat : Media Audio Visual Diam
Media audio visual diam adalah media yang penyampaian pesannya dapat diterima oleh indera pendengaran dan indera penglihatan, akan tetapi gambar yang dihasilkannya adalah gambar diam atau sedikit memiliki unsure gerak.
Kelebihan dan kelemahan media ini tidak jauh berbeda dengan media proyeksi diam. Perbedaannya adalah adanya aspek suara pada media audiovisual diam.
Kelompok Kelima : Film
Film disebut juga gambar hidup, yaitu serangkaian gambar diam yang meluncur secara cepat dam diproyeksikan sehingga menimbulkan kesan hidup dan bergerak. Film merupakan media yang menyampaikan kesan yang impresif bagi pemirsanya.
Kelebihan media film
a.       Memberikan pesan yang dapat diterima secara lebih merata oleh siswa.
b.      Sangat bangus untuk mernerangkan suatu proses.
c.       Mengatasi keterbatasan ruang dan waktu.
d.      Lebih realistis
e.       Memberikan kesan yang mendalam.
Kelemahan media film
a.       Harga produksinya cukup mahal
b.      Pembuatannya memerlukan banyak waktu dan tenaga
c.       Memerlukan operator khusus untuk mengoperasikannya.
d.      Memerlukan penggelapan ruangan.
Kelompok Keenam : Televisi
Televisi adalah media yang dapat menampilkan pesan secara audiovisual dan gerak (sama dengan film)
Kelompok  Ketujuh : Multi Media
Multi media merupakan suatu sistem penyampaian dengan menggunakan berbagai jenis bahan belajar yang membentuk suatu unit atau paket.
Kelebihan multimedia
a.       Siswa memiliki pengalaman yang beragam dari segala media.
b.      Dapat menghilangkan kebosanan karena media yang digunakan lebih bervariasi.
c.       Sangat baik untuk kegiatan belajar mandiri.
Kelemahan multimedia
a.       Biayanya cukup mahal
b.      Memerlukan perencanaan yang matang dan tenaga yang professional.
1.      Media Objek
Media objek merupakan media tiga dimensi yang menyampaikan informasi tidak dalam bentuk penyajian, melainkan melalui cirri fisiknya sendiri, seperti ukurannya, bentukya, beratnya, susunannya, warnanya, fungsinya, dan sebagainya.
2.      Media interaktif
Karakteristik terpenting kelompok media ini adalah bahwa siswa tidak hanya memperhatikan media atau objek saja, melainkan juga dituntut untuk berinteraksi selama mengikuti pembelajaran. Ada tiga macam interaksi, pertama yaitu menunjukkan siswa berinteraksi dengan sebuah program, misalnya siswa diminta mengisi blangko pada bahan ajar terprogram. Bentuk interaksi yang kedua yaitu siswa berinteraksi dengan mesin, misalnya mesin pembelajaran, simulator, laboratorium bahasa, computer, atau kombinasi diantaranya yang berbentuk media interaktif. Bentuk interaksi ketiga adalah mengatur interaksi antara siswa secara teratur tetapi tidak terprogram.
Sumber :                                     
Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2008. Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung : FIP UPI.

Posting Komentar untuk "Klasifikasi Media Pembelajaran"