Collaborative Learning Tipe Learning Cell



PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAAN COLLABORATIVE LEARNING

1.   KD
Menganalisis masalah ekonomi dan cara mengatasinya.
Materi Pokok : Inti masalah ekonomi atau kelangkaan

2.   Metode Yang Digunakan
Learning Cell (Sel Pembelajaran)
Dalam Learning Cell (Sel Pembelajaran) siswa membuat sejumlah pertanyaan mengenai tugas membaca atau kegiatan pembelajaran lainnya, kemudian bekerjasama dengan pasangan, secara bergantian bertanya dan menjawab pertanyaan satu sama lain.

3.   Alasan Pemilihan Metode
Learning Cell (Sel Pembelajaran) ini cocok dengan materi kelangkaan, karena materi ini berupa konsep. Tujuan dari learning cell ini adalah melibatkan siswa secara aktif dalam berpikir mengenai konten pelajaran untuk mendorong siswa memunculkan pertanyaan-pertanyaan yang memancing perenungan dan mengajarkan siswa bagaimana cara memeriksa pemahaman mereka.
Cara ini memberi kesempatan pada siswa untuk berpikir secara analitis, untuk mengelaborasi sambil mereka mengubah materi yang diajarkan dengan kalimat mereka sendiri. Selain membangun penguasaan materi, teknik ini dapat memotivasi siswa mempraktekkan berbagai keterampilan interpersonal seperti memberi umpan balik, mempertahankan focus, dan mengembangkan serta menjaga kelangsungan tugas-tugas bersama.

4.   Identifikasi Learning Cell  Dalam Struktur Pembelajaran
Teknik Pembelajaran
Pendekatan
Strategi
Metode
Taktik
Learning Cell
Student Centre
Group Learning
Diskusi
Membagi kelompok secara acak dengan teknik berbaris dan bagi.
Kelompok dibagi berdasarkan urutan tanggal ulang tahun mereka.
Langkah-langkah learning cell:
1)      Minta siswa membuat sebuah daftar pertanyaan dan jawaban yang berhubungan dengan point-point utama yang berasal dari bahan bacaan yang diberikan.
2)      Bentuk kelompok berpasangan
3)      Jelaskan proses bagaimana pasangan tersebut saling memberikan pertanyaan dan jawaban terhadap pertanyaan pasangannya.
4)      Siswa A mulai mengajukan pertanyaan pertama, dan siswa B menjawab pertanyaan tersebut. Siswa A menawarkan koreksi dan informasi tambahan sampai tercapai jawaban yang memuaskan.
5)      Siswa B mengajukan pertanyaan berikutnya dan siswa A menjawabnya, dan proses kembali terulang sampai semua pertanyaan telah diajukan dan dijawab.


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)


Nama Sekolah             :  SMAN 1
Mata Pelajaran            :  Ekonomi
Kelas I Semester          :  X / Satu
Pertemuan                   :  2 (Satu)
Tahun pelajaran            :  2014/2015
Alokasi Waktu            :  2 x 45 menit


Standar Kompetensi : I. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan  dan sistem ekonomi

Kompetensi Dasar     : 1.1.    Mengidentifikasi factor-faktor penyebab kelangkaan

     I.         Indikator
Siswa Mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kelangkaan

  II.         Tujuan Pembelajaran
Mengidentifikasi fakor faktor yang menyebabkan kelangkaan (Rasa ingin tahu,cinta tanah air,  peduli lingkungan, tanggung jawab)
 III.      Materi  Pembelajaran  :          
         Kelangkaan

 IV.      Metode Pembelajaran  :          
1.      Pendekatan                          : Saintifik
2.      Strategi Pembelajaran          : Group Learning
3.      Metode                                 : Diskusi
4.      Teknik                                  : Learning Cell

    V.      Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi
Waktu
A. Kegiatan awal:
a.      Memberi salam dan doa (Religius)
b.      Mengecek kehadiran siswa dan persiapannya
c.      Menginformasikan KD, Indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
d.      Memotifasi siswa tentang pentingnya cara mengatasi kelangkaan dalam memenuhi kebutuhan hidup (Rasa ingin tahu, peduli lingkungan)


10            
B. Kegiatan Inti :
1.Mengamati
·               Siswa mengamati gambar yang ditampilkan guru (Rasa ingin tahu,cinta tanah air,  peduli lingkungan, tanggung jawab)

2.Menanya
·               Guru menanya kepada siswa tentang hal yang ditampilkan guru

3.Mengumpulkan Informasi
·               Siswa mencari informasi tentang
§    Pengertian kelangkaan dan factor-faktor penyebab kelangkaan  
(Rasa ingin tahu,cinta tanah air,  peduli lingkungan, tanggung jawab)
4.Mengasosiasikan
·               Guru meminta siswa membuat sebuah daftar pertanyaan dan jawaban yang berhungan dengan point-point utama yang berasal dari bahan bacaan yang diberikan (Rasa ingin tahu,cinta tanah air,  peduli lingkungan, tanggung jawab)
·               Guru membentuk kelompok secara berpasangan (Rasa ingin tahu,cinta tanah air,  peduli lingkungan, tanggung jawab)
·               Guru menjelaskan proses pembelajaran tersebut
a)      Siswa A mengajukan pertanyaan, siswa B menjawab pertanyaan
b)      Siswa A menawarkan koreksi dan informasi tambahan sampai tercapai jawaban yang memuaskan
c)      Siswa B mengengajukan pertanyaan berikutnya dan siswa A menjawabnya, begitu seterusnya sampai semua pertanyaan telah diajukan dan dijawab

5.Mengkomunikasikan
·               Membuat laporan kelompok hasil diskusi  (tanggung jawab)

70
C. Kegiatan Akhir :
a.    Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
b.    Siswa dan guru melakukan refleksi
c.    Guru memberikan tugas rumah (PR)
d.   Guru Mengakhiri pembelajaran


10

 VI.      Alat (Bahan) / Sumber Belajar:
a.      Alat / Bahan          :    Peta Konsep
CD Perangkat Pembelajaran Tuntas
b.      Sumber Belajar      :    Ekonomi SMA Jilid 1Pribadi S, Ayudya P. Intan Pariwara 2007. LKS Tuntas.

VII.      Penilaian Dan Tindakan Tindak Lanjut
1.         Penilaian sikap
a.       Jenis penilaan     : Pengamatan
b.      Bentuk penilaian: Lembar pengamatan
c.       Instrumen           :

Lembar Pengamatan Sikap

Kelas                           : ……………………….
Hari, tanggal               : ……………………….
Materi Pokok/Tema     : ……………………….
No
Nama Peserta Didik
Sikap
Keterangan
Rasa ingin tahu
Peduli lingkungan
Tanggung Jawab


























Keterangan Penskoran :
4 = apabila selalu konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
3 = apabila sering konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan
      kadang-kadang tidak sesuai aspek sikap
2 =apabila kadang-kadang konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan sering tidak sesuai aspek sikap
1 = apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap

2.         Penilaian pengetahuan
Jenis Penilaian           : tes tertulis
Bentuk Penilaian       : pilihan ganda
Instrumen                  :
a.         Soal                    :
1)      Jelaskan pengertian kelangkaan
2)      Sebutkan faktor penyebab terjadinya kelangkaan
3)      Berikan contoh pemanfaatan sumber daya yang bisa mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.
b.         Kunci
1)      Kelangkaan adalah kondisi dimana kita tidak mempunyai cukup sumber daya untuk memuaskan semua kebutuhan kita.

2)      -  Keterbatasan jumlah benda pemuas kebutuhan yang ada di alam
-    Kerusakan Sumber Daya Alam akibat ulah manusia
-    Keterbatasan kemampuan manusia untuk mengolah sumber daya yang ada
-    Peningkatan kebutuhan manusia
-    Bencana alam

3)      Pemanfaatan air-air danau untuk membuat pembangkit listrik tenaga air.

3.         Penilaian keterampilan
Jenis Penilaian           : Praktek
Bentuk Penilaian       : Skala
Instrumen
Kelas             : ............................
Kegiatan       :
Tema             :

Nama
Aspek Penilaian
Rata-Rata Nilai
Partisipasi
Kerapian
Kerjasama
Ketepatan




















KELANGKAAN (SCARCITY)

Inti Masalah Ekonomi
Dua hal yang harus diperhatikan dalam memenuhi kebutuhan, bahwa manusia memiliki kebutuhan yang tidak terbatas dan bahwa barang pemenuhan kebutuhan terbatas jumlahnya. Di situlah terjadi sebuah keadaan yang dinamakan kelangkaan. Dari dua kenyataan tersebut, timbulah inti persoalan ekonomi, yaitu bagaimana manusia memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas dengan alat atau benda yang jumlahnya terbatas

Pengertian Kelangkaan :
Kelangkaan adalah kondisi dimana kita tidak mempunyai cukup sumber daya untuk memuaskan semua kebutuhan kita.

Faktor Penyebab Kelangkaan:

1.      Keterbatasan jumlah benda pemuas kebutuhan yang ada di alam.
Di alam telah banyak tersedia banyak benda yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Namun karena tidak semua benda tersebut dapat segera diperbaharui, maka jumlahnya pun terbatas. Misalnya minyak bumi dan barang-barang tambang lainnya yang memerlukan waktu beribu-ribu tahun untuk memperbaharuinya
2.      Kerusakan Sumber Daya Alam akibat ulah manusia
Manusia harus berhati-hati menggunakan SDA yang tersedia. Jangan karena kesalahan manusia, sumber daya yang tersedia menjadi rusak. Misalnya penebangan hutan yang tidak terencana dengan baik mengakibatkan hutan menjadi gundul dan mengakibatkan banjir.
3.      Keterbatasan kemampuan manusia untuk mengolah Sumber Daya yang ada
Keterbatasan kemampuan manusia untuk mengolah Sumber Daya terjadi karena kekurangan ilmu pengetahuan dan teknologi, modal dan faktor-faktor yang lain.
4.      Peningkatan Kebutuhan manusia yang lebih cepat dibandingkan dengan kemampuan penyediaan sarana kebutuhan.
5.      Bencana Alam
Pada dasarnya bencana alam merupakan faktor yang berada di luar dugaan manusia. Namun, sering bencana alam terjadi karena ulah manusia yang kurang menjaga keseimbangan alam. Manusia mengambil kekayaan alam tanpa memerhatikan kelestariannya. 
Bencana alam menyebabkan rusaknya sumber daya yang ada, baik korban jiwa maupun rusaknya berbagai sumber daya ekonomi seperti bangunan usaha dan mesin-mesin produksi. Untuk membangun atau mengadakan kembali sumber daya yang rusak akibat bencana alam, dibutuhkan waktu yang cukup lama dan uang yang tidak sedikit.




Posting Komentar untuk "Collaborative Learning Tipe Learning Cell"