PENERAPAN
MODEL PEMBELAJARAAN COLLABORATIVE LEARNING
1.
KD
Menganalisis masalah ekonomi dan
cara mengatasinya.
Materi Pokok : Inti masalah ekonomi
atau kelangkaan
2.
Metode
Yang Digunakan
Learning Cell (Sel Pembelajaran)
Dalam Learning Cell (Sel Pembelajaran) siswa membuat sejumlah pertanyaan
mengenai tugas membaca atau kegiatan pembelajaran lainnya, kemudian bekerjasama
dengan pasangan, secara bergantian bertanya dan menjawab pertanyaan satu sama
lain.
3.
Alasan
Pemilihan Metode
Learning
Cell (Sel Pembelajaran) ini cocok dengan materi
kelangkaan, karena materi ini berupa konsep. Tujuan dari learning cell ini adalah melibatkan siswa secara aktif dalam
berpikir mengenai konten pelajaran untuk mendorong siswa memunculkan
pertanyaan-pertanyaan yang memancing perenungan dan mengajarkan siswa bagaimana
cara memeriksa pemahaman mereka.
Cara ini memberi kesempatan pada
siswa untuk berpikir secara analitis, untuk mengelaborasi sambil mereka
mengubah materi yang diajarkan dengan kalimat mereka sendiri. Selain membangun
penguasaan materi, teknik ini dapat memotivasi siswa mempraktekkan berbagai
keterampilan interpersonal seperti memberi umpan balik, mempertahankan focus,
dan mengembangkan serta menjaga kelangsungan tugas-tugas bersama.
4.
Identifikasi
Learning Cell Dalam Struktur Pembelajaran
Teknik Pembelajaran
|
Pendekatan
|
Strategi
|
Metode
|
Taktik
|
Learning Cell
|
Student Centre
|
Group Learning
|
Diskusi
|
Membagi
kelompok secara acak dengan teknik berbaris dan bagi.
Kelompok
dibagi berdasarkan urutan tanggal ulang tahun mereka.
|
Langkah-langkah learning cell:
1) Minta
siswa membuat sebuah daftar pertanyaan dan jawaban yang berhubungan dengan
point-point utama yang berasal dari bahan bacaan yang diberikan.
2) Bentuk
kelompok berpasangan
3) Jelaskan
proses bagaimana pasangan tersebut saling memberikan pertanyaan dan jawaban
terhadap pertanyaan pasangannya.
4) Siswa
A mulai mengajukan pertanyaan pertama, dan siswa B menjawab pertanyaan
tersebut. Siswa A menawarkan koreksi dan informasi tambahan sampai tercapai
jawaban yang memuaskan.
5) Siswa
B mengajukan pertanyaan berikutnya dan siswa A menjawabnya, dan proses kembali
terulang sampai semua pertanyaan telah diajukan dan dijawab.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Nama
Sekolah : SMAN 1
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas I
Semester : X /
Satu
Pertemuan : 2 (Satu)
Tahun
pelajaran :
2014/2015
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
Standar Kompetensi : I. Memahami
permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi
Kompetensi Dasar :
1.1. Mengidentifikasi
factor-faktor penyebab kelangkaan
I.
Indikator
Siswa Mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan
kelangkaan
II.
Tujuan Pembelajaran
Mengidentifikasi fakor faktor yang menyebabkan kelangkaan
(Rasa ingin
tahu,cinta tanah air, peduli lingkungan,
tanggung jawab)
III.
Materi
Pembelajaran :
Kelangkaan
IV.
Metode Pembelajaran :
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Strategi
Pembelajaran : Group Learning
3.
Metode : Diskusi
4.
Teknik : Learning
Cell
V.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
A. Kegiatan awal:
a. Memberi salam dan doa (Religius)
b. Mengecek kehadiran siswa dan persiapannya
c. Menginformasikan KD, Indikator, dan tujuan pembelajaran
yang akan dicapai
d. Memotifasi siswa tentang pentingnya cara mengatasi
kelangkaan dalam memenuhi kebutuhan hidup (Rasa
ingin tahu, peduli lingkungan)
|
10
|
B. Kegiatan
Inti :
1.Mengamati
·
Siswa mengamati gambar yang ditampilkan guru (Rasa ingin tahu,cinta tanah air, peduli lingkungan, tanggung jawab)
2.Menanya
·
Guru menanya kepada siswa tentang hal yang
ditampilkan guru
3.Mengumpulkan Informasi
·
Siswa mencari informasi tentang
§ Pengertian
kelangkaan dan factor-faktor penyebab kelangkaan
(Rasa ingin tahu,cinta tanah air, peduli lingkungan, tanggung jawab)
4.Mengasosiasikan
·
Guru meminta siswa membuat sebuah daftar
pertanyaan dan jawaban yang berhungan dengan point-point utama yang berasal
dari bahan bacaan yang diberikan (Rasa
ingin tahu,cinta tanah air, peduli
lingkungan, tanggung jawab)
·
Guru membentuk kelompok secara berpasangan (Rasa ingin tahu,cinta tanah air, peduli lingkungan, tanggung jawab)
·
Guru menjelaskan proses pembelajaran tersebut
a)
Siswa A mengajukan pertanyaan, siswa B menjawab
pertanyaan
b)
Siswa A menawarkan koreksi dan informasi tambahan
sampai tercapai jawaban yang memuaskan
c)
Siswa B mengengajukan pertanyaan berikutnya dan
siswa A menjawabnya, begitu seterusnya sampai semua pertanyaan telah diajukan
dan dijawab
5.Mengkomunikasikan
·
Membuat laporan kelompok hasil diskusi (tanggung
jawab)
|
70
|
C.
Kegiatan Akhir :
a. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat
rangkuman materi
b.
Siswa dan guru
melakukan refleksi
c.
Guru memberikan
tugas rumah (PR)
d.
Guru Mengakhiri pembelajaran
|
10
|
VI.
Alat (Bahan) /
Sumber Belajar:
a. Alat / Bahan : Peta
Konsep
CD Perangkat Pembelajaran Tuntas
b. Sumber Belajar : Ekonomi SMA Jilid
1Pribadi S, Ayudya P. Intan Pariwara 2007. LKS Tuntas.
VII.
Penilaian Dan Tindakan Tindak Lanjut
1.
Penilaian sikap
a.
Jenis penilaan : Pengamatan
b.
Bentuk penilaian: Lembar
pengamatan
c.
Instrumen :
Lembar
Pengamatan Sikap
Kelas :
……………………….
Hari, tanggal : ……………………….
Materi Pokok/Tema :
……………………….
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Sikap
|
Keterangan
|
||
Rasa ingin tahu
|
Peduli lingkungan
|
Tanggung Jawab
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Penskoran :
4 = apabila selalu konsisten menunjukkan
sikap sesuai aspek sikap
3 = apabila sering konsisten menunjukkan
sikap sesuai aspek sikap dan
kadang-kadang tidak sesuai aspek sikap
2 =apabila
kadang-kadang konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan sering tidak
sesuai aspek sikap
1 = apabila tidak pernah konsisten
menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
2.
Penilaian pengetahuan
Jenis Penilaian : tes tertulis
Bentuk Penilaian : pilihan ganda
Instrumen :
a.
Soal :
1)
Jelaskan pengertian
kelangkaan
2)
Sebutkan faktor
penyebab terjadinya kelangkaan
3)
Berikan contoh
pemanfaatan sumber daya yang bisa mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.
b.
Kunci
1)
Kelangkaan
adalah kondisi dimana kita tidak mempunyai cukup sumber daya untuk memuaskan
semua kebutuhan kita.
2)
- Keterbatasan jumlah benda pemuas
kebutuhan yang ada di alam
-
Kerusakan
Sumber Daya Alam akibat ulah manusia
-
Keterbatasan
kemampuan manusia untuk mengolah sumber daya yang ada
-
Peningkatan
kebutuhan manusia
-
Bencana alam
3)
Pemanfaatan
air-air danau untuk membuat pembangkit listrik tenaga air.
3.
Penilaian keterampilan
Jenis
Penilaian : Praktek
Bentuk
Penilaian : Skala
Instrumen
Kelas :
............................
Kegiatan :
Tema :
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Rata-Rata Nilai
|
|||
Partisipasi
|
Kerapian
|
Kerjasama
|
Ketepatan
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KELANGKAAN
(SCARCITY)
Inti Masalah Ekonomi
Dua
hal yang harus diperhatikan dalam memenuhi kebutuhan, bahwa manusia
memiliki kebutuhan yang tidak terbatas dan bahwa barang pemenuhan
kebutuhan terbatas jumlahnya. Di situlah terjadi sebuah keadaan yang
dinamakan kelangkaan. Dari dua kenyataan tersebut, timbulah inti persoalan
ekonomi, yaitu bagaimana manusia memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas
dengan alat atau benda yang jumlahnya terbatas
Pengertian Kelangkaan :
Kelangkaan
adalah kondisi dimana kita tidak mempunyai cukup sumber daya untuk memuaskan
semua kebutuhan kita.
Faktor Penyebab Kelangkaan:
1. Keterbatasan jumlah benda pemuas
kebutuhan yang ada di alam.
Di alam telah banyak tersedia banyak benda yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Namun karena tidak semua benda tersebut dapat segera diperbaharui, maka jumlahnya pun terbatas. Misalnya minyak bumi dan barang-barang tambang lainnya yang memerlukan waktu beribu-ribu tahun untuk memperbaharuinya
Di alam telah banyak tersedia banyak benda yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Namun karena tidak semua benda tersebut dapat segera diperbaharui, maka jumlahnya pun terbatas. Misalnya minyak bumi dan barang-barang tambang lainnya yang memerlukan waktu beribu-ribu tahun untuk memperbaharuinya
2. Kerusakan Sumber Daya Alam akibat
ulah manusia
Manusia
harus berhati-hati menggunakan SDA yang tersedia. Jangan karena kesalahan
manusia, sumber daya yang tersedia menjadi rusak. Misalnya penebangan hutan
yang tidak terencana dengan baik mengakibatkan hutan menjadi gundul dan
mengakibatkan banjir.
3. Keterbatasan kemampuan manusia untuk
mengolah Sumber Daya yang ada
Keterbatasan kemampuan manusia untuk mengolah Sumber Daya terjadi karena kekurangan ilmu pengetahuan dan teknologi, modal dan faktor-faktor yang lain.
Keterbatasan kemampuan manusia untuk mengolah Sumber Daya terjadi karena kekurangan ilmu pengetahuan dan teknologi, modal dan faktor-faktor yang lain.
4. Peningkatan Kebutuhan manusia yang
lebih cepat dibandingkan dengan kemampuan penyediaan sarana kebutuhan.
5. Bencana Alam
Pada
dasarnya bencana alam merupakan faktor yang berada di luar dugaan manusia.
Namun, sering bencana alam terjadi karena ulah manusia yang kurang menjaga
keseimbangan alam. Manusia mengambil kekayaan alam tanpa memerhatikan
kelestariannya.
Bencana alam menyebabkan rusaknya
sumber daya yang ada, baik korban jiwa maupun rusaknya berbagai sumber daya
ekonomi seperti bangunan usaha dan mesin-mesin produksi. Untuk membangun atau
mengadakan kembali sumber daya yang rusak akibat bencana alam, dibutuhkan waktu yang cukup lama
dan uang yang tidak sedikit.
Posting Komentar untuk "Collaborative Learning Tipe Learning Cell"